Menikmati Keindahan Benteng Vredeberg dari Sudut yang Berbeda

Menikmati Keindahan Benteng Vredeberg dari Sudut yang Berbeda

Category : Wisata Kota Jogja

Wisata dengan tema sejarah tidak hanya bisa ditemukan dengan mengunjungi candi-candi saja. Ada banyak tempat wisata budaya yang terdapat di Yogjakarta. Salah satunya adalah Museum Vredeburg. Museum yang juga terkenal dengan sebutan Museum Benteng Vredeburg ini banyak dikunjungi wisatawan para akhir pekan atau libur panjang. Tempat ikonik di Jogja ini menjadi populer karena menawarkan wisata yang tidak hanya bernilai sejarah tinggi tetapi karena menawarkan wisata murah meriah yang selalu dicari warga.

Lokasi dan Sejarah

Untuk lokasi menuju museum ini berada tepat di depan gedung kantor pos dan Kraton Kasultanan Jogjakarta yaitu berada di jalan Malioboro. Tepatnya di Jl. Margo Mulyo No. 6 Ngupasan, Gondomanan, Daerah Istimewa Jogjakarta. Sangat strategis bila ingin ke museum ini menggunakan transportasi umum. Museum Banteng Vredeburg adalah museum peninggalan dari Belanda. Kata Verdeburg yang berarti perdamaian. Sebelum disempurnakan pada tahun sekitar 1765-1788 benteng ini bernama peristirahatan.

Museum ini sangat erat kaitannya dengan kesultanan Jogjakarta. Dahulu sebenarnya museum ini didirikan atas kemauan Belanda yang dianggap cukup licik untuk bisa memantau pergerakan pusat pemerintahan dan masyarakat Jogjakarta. Tetapi tidak berencana untuk memberikan hak milik tanah tersebut. Belanda hanya bisa membangun bangunan dan memiliki tanah yang diinginkannya secara de facto. Benteng yang satu ini sudah beberapa kali mengalami pemugaran.

Museum ini diresmikan pada 28 Oktober 1998 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. DR. Edi Sedyawati. Setelah mengalami pemugaran beberapa kali karena terjadinya gempa beberapa kali di Jogja kini museum Verdeburg sangat layak Anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat dekat.

Spot Menarik di Vredeburg

Jika Anda mengunjungi museum Verdeburg Anda akan disambut oleh gapura besar bertulisan Verdeburg. Ketika mulai memasuki halaman depan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menawan. Anda akan di sambut dengan icon meriam yang sengaja dibuat dahulu untuk pertahanan pihak Belanda jika sewaktu-waktu terjadi konflik atau perang.

Museum ini terdiri dari beberapa bangunan ciri khas bangunan kuno Belanda. Jika memutuskan berwisata ke sini Anda akan banyak memiliki pengetahuan sejarah yang berguna sekali. Apa saja hal menarik lainnya dari di museum ini? Berikut ini ulasannya:

  1. Ada Banyak Koleksi-Koleksi Unik

Museum Verdeburg memiliki koleksi yang tidak kalah unik dengan museum lainnya. koleksi yang mengandung sejarah tinggi sangat terjaga dengan baik. Ada banyak sekali koleksi yang akan menambah wawasan Anda, misalnya saja koleksi gamelan yang umurnya sudah ratusan tahun, diorama penggalian mayat G-30 S PKI di museum Verdeburg, patung para pejuang, lukisan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi sepatu atau alat-alat makan dan minum yang terbuat dari tembikar dan keramik. Jika Anda masih penasaran Anda bisa melihat film-film dokumenter. Lainnya, Anda bisa menggunakan ruangan diorama I dan II untuk menambah pengetahuan sejarah yang lebih detail.

  1. Desain Arsitektur Yang Indah

Desain arsitektur museum Verdeburg tentunya bergaya Belanda Klasik khas tempo dulu. Banyak sekali keunikan arsitektur sejauh mata memandang. Warna museum yang berdasar putih dengan aksen jendela khas Belanda membuat Anda merasakan pengalaman nyata seolah-olah berada pada masa itu. Di pelataran sekitar bangunan museum juga terlihat asri dan terawat dengan baik. Anda bisa mengabadikan kunjungan Anda dengan mata lensa karena di museum ini menyediakan spot foto yang sangat menarik.

  1. Terkenal Dengan Cerita Horornya

Selayaknya bangunan Belanda pastinya meninggalkan cerita-cerita masa lalu yang menarik untuk selalu dikulik. Museum Benteng Vredeburg sempat terkenal dengan cerita horornya. Hal ini karena bangunan ini sudah berumur sangat tua dan meninggalkan kesan angker. Selain itu, bangunan ini adalah saksi bisu dari kekejaman kompeni Belanda dalam memperlakukan rakyat Jogja. Wajar bila di museum ini ada sensasi horornya. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena sejauh ini para pengunjung tidak pernah menemui masalah yang menyebabkan ketakutan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Memiliki Menara Pengawas

Bangunan ini berbentuk persegi yang mempunyai empat pengawas di setiap sudutnya. Dulu fungsi dari ke empat menara pengawas ini tentu saja sebagai tempat untuk mengamati pergerakan masyarakat terutama pemerintahan Jogjakarta. Tetapi saat ini menara pengawas ini menjadi spot yang menarik untuk menikmati senja dari balik ketinggian. Kedamaian akan terasa ketika sore tiba sambil mengamati hiruk pikuk kota Jogjakarta.

  1. Sebagai Tempat Acara-Acara Penting

Museum ini sering digunakan untuk mengadakan acara-acara penting. Seperti misalnya acara Festival Kesenian Yogyay atau seminar-seminar. Jika Anda ingin mengetahui acara ini lebih lanjut Anda bisa datang ketika acar festival diadakan.

Kegiatan Menarik di Vredeburg

Jika mengunjungi museum benteng Verdeburg bersama keluarga besar tentu Anda bisa melakukan kegiatan yang menarik di sini. Untuk menarik minat pengunjung, pemerintah Jogjakarta melakukan inovasi agar museum ini sering dikunjungi sebagai tempat wisata. Museum bersejarah ini semakin berinovasi untuk menarik minat pengunjung.

Di museum ini, para pengunjung bisa mengunduh aplikasi Artefak sebagai alat panduan saat berkunjung ke museum. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menjelajahi diorama ke diorama lainnya. tetapi aplikasi ini hanya bisa di gunakan di diorama II dan III dengan keterangan hasil scan hanya pada scan yang berbarcode.

Koleksi Diorama Museum Benteng Vredeburg

Sebenarnya koleksi diorama di museum benteng Verdeburg ini jumlahnya ada 4, antara lain adalah:

Diorama I: mini drama yang berjumlah 11 yang menggambarkan peristiwa periode Pangeran Diponegoro sampai masa pendudukan Jepang di Yogyakarta.

Diorama II : mini drama yang berjumlah 19 dan menggambarkan peristiwa sejarah proklamasi kemerdekaan hingga dengan agresi militer Belanda.

Diorama III : mini drama dengan jumlah 18 yang menggambarkan peristiwa penjanjian Renville hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat.

Diorama IV : mini drama dengan jumlah 7 yang menggambarkan peristiwa sejarah periode Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga pada masa Orde baru.

Jelajah Malam

Kegiatan ini sungguh menarik untuk anak-anak muda yang datang berkunjung. Di sini biasanya ada kegiatan yang bernama “Jelajah Malam”. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan juga jiwa patriotisme anak muda. Kegiatan ini dibatasi. Jika Anda berminat Anda bisa mendaftar pada instagram resmi Museum Verdeburg. Kegiatan ini berkonsep dengan membuat game dan berkelompok. Anda akan belajar sejarah bangsa dari museum ini dengan sensasi penerangan yang berkurang karena dilakukan pada malam hari. menarik bukan?

Layanan Publikasi

Di museum ini juga terdapat layanan publikasi yang tentunya bermanfaat sekali. Anda yang berjiwa seni wajib berkunjung ke museum ini. fasilitasnya berupa alat musik sebagai media berekspresi yang menyenangkan. Jika Anda tidak mahir memainkan Anda tetap bisa berkunjung ke layanan publikasi dengan menikmati pertunjukan seni musik yang di isi siswa-siswi Jogjakarta yang berkompeten di bidang musik.

Senam sehat

Museum Verdeburg tidak hanya hadir sebagai media edukasi saja tetapi juga merambah ranah kesehatan masyarakat. Di museum ini setiap hari Jumat pagi diadakan senam sehat. Biasanya senam sehat diikuti oleh semua staf museum. Senam pagi tentunya berguna bagi tubuh untuk menambah kebugaran dan kesehatan.

Spot Foto Bergaya Klasik

Ini yang biasanya paling disukai kalangan anak muda. Tidak lengkap rasanya jika memutuskan berwisata tanpa berfoto sebagai kenang-kenangan. Anda bisa berfoto dengan latar belakang bangunan tua khas Belanda.

Fasilitas

Fasilitas di museum benteng Verdeburg hampir sama dengan fasilitas wisata lainnya. di sini Anda akan mendapati fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari fasilitas yang di sediakan di dalam museum sampai fasilitas lainnya. Fasilitas memang dibuat untuk mendukung kenyamanan pengunjung.

Selain fasilitas d dalam seperti ruang audio visual dan ruang belajar kelompok, film, diorama Anda juga akan mudah menemukan mushala atau rest area seperti ruang tamu yang bersih dan tertata. Hal lainnya adalah toliet yang bersih, kantin, hingga cafe. Keberadaan museum yang terletak di pusat kota juga memudahkan pengunjung jika ingin mengunjungi tempat lainnya.

Tidak lupa bagi Anda yang hobi dengan koleksi buku Anda bisa mengunjungi perpustakaan yang ada di museum dengan hotspot gratis. Karena museum ini menjadi tempat yang sering digunakan untuk rapat tentunya terdapat fasilitas ruang rapat, diskusi, ruang pelatihan hingga ruang pertunjukan. Benar-benar tempat wisata yang nyaman, murah dan menyenangkan serta bisa memuaskan Anda dengan melakukan berbagai aktivitas. Jadi jangan lewatkan akhir pekan Anda hanya berdiam diri di rumah sehingga wawasan Anda kurang berkembang.

Harga Tiket Masuk

Museum Verdeburg memasang tiket masuk sebesar Rp 2.000, – saja untuk anak-anak dan untuk dewasa hanya Rp 3000, -. Tetapi untuk wisatawan mancanegara dipatok dengan harga tiket sebesar Rp. 10.000. harga tiket kunjungan bisa dikatakan sangat murah. Apalagi jika Anda datang berombongan, biasanya pengelola akan memberikan diskon bila Anda membawa rombongan lebih dari 20 orang.

Hari berkunjung untuk museum ini dimulai hari Selasa sampai Minggu. Dengan jam buka yaitu hari Selasa-Kamis pukul 07:30 – 16:00 WIB sedangkan hari Jum’at – Minggu pukul 07:30 – 16:30 WIB. Hari libur Nasional tetap buka tetapi pastikan jangan berkunjung pada hari Senin atau Idul Fitri/Adha jika tidak ingin kecewa karena hari tersebut museum tutup.


Leave a Reply