Seperti Inilah Serba-Serbi Keindahan Candi Borobudur

Seperti Inilah Serba-Serbi Keindahan Candi Borobudur

Category : Wisata Kota Jogja

Siapa yang tidak kenal Borobudur? Saksi sejarah yang masih ada di Indonesia dengan berbagai bagunan candi yang tersimpan erat di bangunannya. Candi ini terletak di Magelang yang menjadi daya tarik para wisatawan domestik maupun luar negeri. Banyak sekali yang memilih tempat ini sebagai salah satu destinasi untuk berlibur. Karena tempatnya yang begitu nyaman untuk dijadikan tempat berfoto. Selain itu, ada juga banyak hal yang bisa dipelajari di candi Borobudur

Lokasi dan Sejarah

Candi Borobudur terletak di Jalan  Badrawati Borobudur Magelang. Tempat ini selalu dikunjungi khalayak ramai. Baik itu para wisatawan sekolah maupun sekedarnya hanya ingin melihat melihat tempat ini.  Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh bangsa Syailendra beragama Budha di sekitar abad 8 dan 9 atau sekitar tahun 800 Masehi. Bahan material utamanya adalah bebatuan yang berusia 75-100 tahun lalu.

Spot Menarik di Candi Borobudur

Berikut ini adalah spot menarik yang terdapat di Candi Borobudur, antara lain:

Spot Candi yang Menawan

Salah satu alasan kenapa ada banyak pengunjung datang ke tempat ini yaitu memiliki keunikan spot foto yang terbilang cukup khas. Bayangkan saja sebelum mendatangi candi, lebih tepatnya di pintu masuk sudah disambut oleh desain yang menarik yang bisa dijadikan berfoto sambil melepas lelah.

Museum Samudra Raksa

Terletak hanya beberapa ratus Kilometer dari candi Borobudur,  tentunya terletak tidak jauh di candi tersebut memberikan keunikan tersendiri dari Museum ini. Karena didalamnya menampilkan jalur perdagangan laut yang dilakukan di zaman nenek moyang Indonesia terdahulu.

Museum Karmawibhangga

Museum ini tidak terlepas sejarah Borobudur. Karena di dalamnya Anda bisa menjumpai hal hal yang berkaitan tentang proses pembuatan candi.  Museum ini juga menampilkan relief-relief surya temuan artefak arkeologi. Museum ini  dibangun dengan model rumah Joglo Jawa yang memberi daya tarik berbeda bagi para pengunjung. Didalam Museum ini juga tersimpan sekitar 4000 blok batu asli dari candi Borobudur di halaman terbuka.

Objek Foto Yang Menarik

Seperti halnya dengan keunikan spot foto di tempat wisata lainnya,  candi Borobudur tidaklah kalah menarik untuk diabadikan di lensa kamera Anda karena bernilai sejarah klasik. Itulah yang membuat tempat ini dijadikan sebagai spot foto objek terbaik sepanjang masa.  Salah satunya adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat indah bila dipotret dari atas Borobudur.

Kegiatan Menarik di Candi Borobudur

Selain mempelajari sejarah yang terdapat di dalam candi,  ada beberapa hal ataupun aktivitas yang bisa Anda lakukan disini yaitu:

Melihat Sunrise & Sunset

Salah satu moment yang sangat diburu oleh para wisatawan yaitu menunggu melihat sunrise dan sunset di tempat ini. Karena hal ini akan memberikan kesan efek warna jingga yang akan menampilkan keindahan yang luar biasa, Karena itulah pengunjung biasanya akan mulai datang sekitar jam 6 pagi hingga jam 5 sore untuk melihat peristiwa keindahan alam di Indonesia.

Naik Gajah Keliling Candi

Mengunjungi candi Borobudur memang salah satu yang paling tepat jika mengajak keluarga untuk memanjakan waktu berlibur. Tak terkecuali mengajak anak-anak untuk memperkenalkan sejarah sejak dini. Tetapi tidak hanya itu saja, anak-anak juga bisa berkeliling candi dengan menaiki gajah.

Keliling Desa

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di Borobudur. Karena di wilayah ini masih sangat berdekatan dengan pemukiman para warga, disertai dengan keasrian desa disekitarnya. Sehingga, Anda bisa bebas mengunjungi dan berkeliling untuk melihat-lihat pemukiman disekitar candi Borobudur dengan andong ataupun bersepeda.

Berfoto

Trackless Train

Tidak hanya naik gajah saja,  ternyata di sekitaran candi Borobudur Anda juga bisa memanjakan anak-anak untuk menaiki Tracless train atau kereta kelinci. Dengan ini, Anda bersama keluarga dasar berkeliling candi Borobudur dengan menggunakan jasa kereta kelinci yang pastinya sangat seru dan berkesan bagi keluarga.

Menikmati Wisata Kuliner

Anda bisa juga untuk menikmati beberapa kuliner khas yang ada di wilayah ini.  Seperti, Bakmi Jawa dan Tongseng Jamur. Kedua menu kuliner tersebut sangatah lezat, serta memiliki manfaat yang tidak diragukan lagi bagi tubuh Anda salah satunya yaitu tongseng jamur.

Bersepeda

Aktivitas yang bisa Anda lakukan selain menyantap kuliner unik bagus Anda pecinta aktivitas bersepeda, sangatlah tepat untuk mengeksploitasi keindahan candi melaui kegiatan bersepeda. Terutama jika Anda melintasi berbagai candi. Misalnya saja, seperti candi Mendut. Maka kini Anda bisa dengan leluasa berkeliling disekitarnya.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang dapat dirasakan oleh para pengunjung yaitu adanya  area taman yang bisa dikunjungi dalam kawasan Borobudur. Yaitu, Museum Karma Wibhangga dan Museum Kapal Samudra. Para pengunjung dapat mengetahui informasi tentang pembangunan adalah usul sejarah pembuatan  Candi Borobudur di Museum Karmawibhangga.

Sedangkan di Museum Samudera Raksasa, para wisatawan dapat melihat berbagai kumpulan koleksi sekaligus mengetahui informasi mengenai sejarah perdagangan Asia – Afrika zaman dahulu di Nusbtara.

Fasilitas-fasilitas lain adalah kereta mini dan sepeda yang dapat digunakan untuk mengelilingi area kompeks Borobudur yang luas. Tak hanya itu, pihak pengelola Borobudur juga menyediakan Visitor Center beserta Audio Visual sehingga para pengunjung n tidak hanya membaca keterangan keterangan perihal sejarah yang dilihatnya bisa mempelajari nya dalam bentuk video dan rekaman.

Karena itu para pengunjung bisa lebih leluasa mempelajari sejarah candi Borobudur melalui pemutaran video sehingga tanpa membaca ada beberapa pilihan praktis menarik untuk bisa lebih mengenal sejarah saat ini.

Kurang sekali jika Anda hanya melihat keindahan sejarah yang ada di candi Borobudur tentunya ketika Anda ingin bergegas pergi ke tempat ini Anda akan melewati berbagai deretan souvenir oleh oleh yang bisa dijadikan cinderamata unyuk sanak keluarga dirumah

Adapun beberapa souvenir yang banyak dijual disekitar lokasi seperti gantungan kunci,  baju dan tas dibandrol dengan harga yang terbilang terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur dibagi menjadi dua kategori yaitu tiket perorangan dan tiket rombongan ( biasanya untuk tiket rombongan banyak sekali digunakan dalam proses pembelajaran disekolah akak anak/siswa study tour ke lokasi ini

Turis dewasa yang berusia mulai diatas 10 tahun harus membayar sebesar 40.000 rupiah per orang. Sedangkan untuk anak-anak dalam kategori usia 3 – 10 tahun, hanya membayar sebesar 20.000 rupiah dengan kisaran harga tersebut Anda bersama keluarga sudah akan merasakan fasilitas lengkap di tempat ini .

Harga tiket rombongan juga sangatlah bersahabat, Candi Borobudur juga dibagi menjadi dua paket wisata yakni paket taman wisata candi Borobudur dan paket taman wisata Borobudur, Pawon dan Mendut. Tiket masuk yang perlu dibayar masing-masing berturut-turut Rp20.000 rupiah dan Rp30.000.

Semua tiket masuk yang Anda pilih sudah mencakup asuransi yang akan Anda dapatkan ada juga pilihan paket terusan untuk berwisata yakni paket Candi Borobudur – Candi Ratu Boko dengan harga untuk orang dewasa sebesar Rp75.000, dan anak-anak sebesar Rp35.000.

Jika wisatawan ingin melihat matahari terbit bisa juga memilih paket sunrise dengan harga yang memang sangat spesial untuk wisatawan yakni sebesar Rp325.000 untuk orang dewasa dan Rp162.500 untuk anak-anak.

Adapun beberapa jam operasional candi Borobudur

Borobudur Sunrise      04.30 – 18.00 WIB

Borobudur Pass           06.00 – 17.00 WIB

Borobudur Sunset       05.00 – 18.30 WIB

Wisata Borobudur bisa dikunjungi setiap harinya jadi tunggu apalagi berlibur ke lokasi ini sangatlah tepat ditambah lagi dengan kekayaan sejarah yang tentunya menambah wawasan.


Leave a Reply