Cave Tubing di Kali Suci, Menyusuri Exotisme Gua di Gunung Kidul

Cave Tubing di Kali Suci, Menyusuri Exotisme Gua di Gunung Kidul

Menyusuri sungai yang mengalir melewati gua-gua bawah tanah dengan mengapung di ban menjadi salah satu petualangan wisata yang ditawarkan di Kalisuci, Semanu, Gunungkidul. Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini memadukan aktivitas caving (susur gua) dan bodyrafting. Sekedar Informasi aktivitas cavetubing ini hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul.

Cavetubing-di-Kalisuci

Kalisuci merupakan nama sistem aliran sungai yang mengalir di Gunungkidul. Seperti karakteristik sungai-sungai yang berada kawasan karst, Kalisuci terbagi menjadi 2 tipe, yakni sungai terbuka yang muncul di permukaan dan sungai tertutup yang mengalir di dalam tanah alias di dalam gua (termasuk mengalir melewati Gua Grubug) dan bermuara di Pantai Baron.

Nama Kalisuci sendiri dari bahasa Jawa yaitu “Kali” dan bahasa Indonesia Suci. “Kali” berarti Sungai dan ” Suci” memiliki arti bersih. Hal ini memberi arti air sungai yang tetap mengalir dengan bersiih bahkan saat musim hujan sekalipun, yang mana biasanya sungai airnya keruh saat musim hujan, Kali Suci dulunya juga merupakan sumber mata air yang vital bagi masyarakat sekitar

Aktifitas Cave Tubing Kalisuci

Selama kurang lebih 1 jam, wisatawan akan diajak untuk bertualang melalui aliran sungai yang mengalir melewati 3 gua yang berukuran sempit namun memiliki langit-langit yang sangat tinggi sambil duduk santai diatas sebuah ban yang besar. Meski sekilas terdengar menyeramkan, percayalah aktivitas ini sangat aman, bahkan bagi mereka yang tidak bisa berenang, karena didukung alat keaman yang memadai yaitu pelampung dan helm.

Menyusuri jeram-jeram yang mengalir di dalam gua akan menjadi pengalaman yang tak mungkin terlupakan. Anda akan ditemani pemandu yang sudah berpengalaman sambil menceritakan keadaan gua hingga sejarahnya. Pemandu juga akan dengan senang hati mengambil foto anda sehingga anda memilki foto petualangan yang bagus

 

Lokasi dan rute kali suci

Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta. Obyek wisata ini bisa ditempuh sekitar 1-1,5 jam dari Yogyakarta, dengan catatan Anda membawa kendaraan sendiri. Dari Yogyakarta silakan Anda menuju Kota Wonosari. Dari Alun-alun Wonosari Anda lurus terus menuju arah Semanu. Setelah menemukan jembatan Jirak (yang didekatnya ada warung legendaris Sego Abang Jirak), silakan belok kanan di pertigaan kemudian ikuti jalan menuju obyek wisata Kalisuci. Basecamp CaveTubing dan pertigaan Semanu hanya sekitar 500 m.

Jika Anda tidak membawa pribadi, Anda bisa naik bis jurusan Jogja – Wonosari dari Terminal Giwangan atau dari Perempatan Ketandan (Ringroad). Sesampainya di Wonosari, Anda harus ganti dengan angkot jurusan Semanu atau bis arah Jepitu.

Biaya masuk Kalisuci

Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000,- dan akan dikenakan biaya tiket seharga Rp 65.000 untuk cavetubing, tiket tersebut sudah termasuk penyewaan alat (ban, livevest, helm, pelindung siku & kaki), guide, dan snack setelah pengarungan. Tempat ini tutup ketika curah hujan tinggi.


Leave a Reply