Keunikan Hutan Pinus Pengger yang Masih Tersembunyi

Keunikan Hutan Pinus Pengger yang Masih Tersembunyi

Category : Wisata Alam , Wisata Bantul

Hutan Pinus Pengger ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik di Jogja. Sebenarnya tempat ini bukan tempat baru lagi. Namun sayangnya, ternyata masih ada banyak orang yang belum mengenal tempat ini. Untuk letaknya sendiri sebenarnya masih 1 area dengan hutan Pinus Mangunan yang namanya lebih populer daripada hutan Pengger ini.

Lokasi

Dari pusat kota, hutan Pinus Pengger ini berada sejauh 25 km. Untuk akses kesana cukup mudah. Karena jalanannya bisa dilewati oleh kendaraan bus. Maka dari itulah, tempat ini sekarang ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berwisata di Yogyakarta. Dimana untuk letaknya sendiri ada di desa Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul. Sehingga, tempat ini mudah sekali ditemukan.

Spot Menarik di Hutan Pinus Pengger
Di hutan Pinus Pengger ini telah dilengkapi dengan beberapa spot menarik yang mampu menjadi magnet para wisatawan. Beberapa diantaranya meliputi di bawah ini:

Gardu Pandang

Ini adalah spot paling disukai banyak orang. Karena spot gardu pandang ini terlihat sangat unik, tapi juga cantik. Spot ini memanfaatkan konsep wisata alam. Sehingga, hal ini membuatnya diminati semua orang yang datang. Karena mereka bisa melihat keindahan hutan Pinus Pengger ini dari ketinggian puncaknya.

Rumah Pohon

Ini adalah spot yang disukai para pengunjung untuk background foto mereka. Namun, ada juga yang menggunakan spot ini untuk iseng saja. Naik turun tanpa melakukan kegiatan apa-apa. Yang pasti, spot rumah pohon ini merupakan salah satu tempat yang cukup diminati banyak orang.

Hammock

Selain dilengkapi dengan ayunan, di hutan Pinus Pengger juga tersedia hammock untuk bermalas-malasan dan bersantai. Karena disini banyak sekali pohon pinus yang berdekatan. Sehingga, hal ini cocok sekali digunakan untuk bersantai dengan hammock. Maka dari itulah, tidak heran bila banyak pengunjung kerap memasang hammock ketika baru saja tiba di tempat ini. Selain asyik juga memasang hammock adalah kegiatan yang menyenangkan.

Spot Foto Instagrammable

Selain beberapa spot tersebut, masih ada lagi spot untuk berfoto yang instagrammable. Disinilah terdapat tempat untuk selfie, yang bentuknya adalah berupa jembatan kayu, rumah pohon, dan beraneka ragam seni kayu yang menarik. Salah satu spot untuk berfoto yang paling disukai para pengunjung adalah instalasi seni kayu berbentuk tangan raksasa.

Disamping itu, ada juga spot berbentuk sarang burung yang ada lubang di tengahnya berukuran besar. Lubang ini menghadap ke arah kota Yogyakarta. Dengan berada di lubang ini bersama pasangan di malam hari, Anda bisa mendapatkan nuansa yang benar-benar romantis bersama dengan pasangan Anda.

Kegiatan Menarik di Hutan Pinus Pengger

Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke hutan Pinus Pengger ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Menikmati Keindahan Alam

Menikmati keindahan alam Yogyakarta merupakan salah satu kegiatan paling menarik ketika berada di hutan Pinus Pengger. Anda bisa menikmatinya tepat berada di atas gardu pandang. Disinilah Anda bisa bersantai sambil melihat keindahan alam yang ada di hutan ini dari ketinggian.

Bermain Ayunan

Bermain ayunan adalah salah satu kegiatan yang paling disukai banyak orang ketika singgah ke hutan Pinus Pengger. Karena dengan bermain ayunan, Anda bisa bersantai sambil menikmati suasana di sekitar. Sehingga, Anda bisa relaksasi di sekitar hutan ini sambil bermalas-malasan.

Camping

Belum lengkap rasanya jika Anda belum berkemah atau camping di hutan Pinus Pengger ini. Karena disini tersedia camping ground yang luas. Sehingga, mendirikan tenda dan camping adalah salah satu kegiatan paling menarik ketika berada disini.

Seru-Seruan!

Ini adalah salah satu kegiatan paling seru ketika berada di hutan Pinus Pengger ini. Karena Anda bisa melakukan kegiatan untuk mengakrabkan bersama teman-teman. Anda bisa menggunakan pendopo yang tersedia disini. Yang lebih menariknya lagi adalah, disini juga ada fasilitas Wifi selama 24 jam yang cukup cepat. Sehingga, Anda masih bisa mengupdate status sekaligus melakukan kegiatan di hutan Pinus Pengger.

Menikmati Pemandangan Lampu di Malam Hari

Disinilah Anda bisa menikmati pemandangan kota di malam hari. Karena disinilah Anda bisa melihat lampu yang indah di malam hari dari ketinggian hutan ini. Bahkan, pemandangannya hampir sama seperti yang ada di Bukit Bintang, hanya saja jauh lebih cantik. Karena lokasinya memang lebih tinggi.

Berfoto

Berfoto adalah salah satu kegiatan paling disukai semua orang saat berada di hutan Pinus Pengger. Karena, siapapun itu pasti tidak ingin sampai ketinggalan mengabadikan view yang indah di tempat ini. Apalagi disini juga tersedia banyak spot menarik untuk berfoto. Misalnya saja, seperti ayunan, rumah pohon, pendopo, batu yang berukuran besar, dll. Sehingga, Anda bisa mendapatkan spot terbaik untuk berfoto.

Menikmati Keindahan Sunset

Tempat wisata yang satu ini tidak hanya sekedar memberikan kesejukan hutan saja dan berbagai macam background yang indah. Namun, disinilah Anda bisa melihat keindahan sunset yang benar-benar indah. Di tempat inilah Anda bisa menghabiskan waktu sambil melihat panorama sunset yang benar-benar mengesankan. Tidak heran bila tempat ini selalu ramai dikunjungi di sore hari sampai di malam hari.

Fasilitas

Hutan Pinus Pengger ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Yaitu masih sesuai dengan standard tempat wisata pada umumnya. Karena disinilah Anda bisa menemukan fasilitas umum, berupa toilet, mushola, warung, dll. Suasananya yang nyaman dan teduh inilah yang sering dijadikan sebagai daya tarik utama di hutan Pinus Pengger ini.

Tak hanya memiliki fasilitas umum seperti toilet, warung, dan mushola, dll. Disini juga tersedia beberapa tempat yang menarik untuk event khusus bertemakan out door. Misalnya saja, seperti outing kantor, camping ceria, dll.  Selain itu, disini juga tersedia tempat yang dapat disewakan untuk para pecinta alam untuk kegiatan berkemah.

Dimana biayanya per malam untuk 1 orang adalah Rp 15.000, -. Sedangkan jika menyewa aula, maka biayanya sebesar Rp 250.000, – setiap 4 jam sekali. Untuk tempat tidurnya bisa menggunakan hammock, dengan biaya sewa sebesar Rp 10.000, – per orang. Sementara itu, bila ingin melakukan kegiatan dokumentasi, seperti pre-wedding, maka biayanya sebesar Rp 200.000, – per kegiatan, sedangkan video klip adalah Rp 250.000, – setiap kegiatan. Sementara untuk film komersial biayanya sebesar Rp 1.000.000, – per hari.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau. Karena berdasarkan peraturan PERGUB nomor 84, tahun 2016, maka harga tiket masuknya sebesar Rp 3.000, – per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sebesar Rp 2.000, – dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000,- dan biaya parkir untuk bus sebesar Rp 20.000, -. Kawasan ini buka setiap hari. Yaitu, di jam 06.30 hingga 23.00.


Leave a Reply