Jurang Kanigoro Wisata Unik di Atas Awan Paling Menarik

Jurang Kanigoro Wisata Unik di Atas Awan Paling Menarik

Category : Wisata Alam , Wisata Bantul

Objek wisata tembelan jurang Kanigoro merupakan wisata baru di daerah Bantul Yogyakarta. Disini memiliki nuansa alam yang pastinya mengundang data tarik para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Sama seperti objek alam yang lainnya, disini Anda bisa melihat bagaimana pemandangan kota Bantul dengan spot tempat pilihan yang tentunya sangat instagramable.

Lokasi dan Sejarah

Jurang ini terletak di Dukuh Kanigoro, Yogyakarta . Untuk jaraknya pun dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 Km. Sedangkan, jika ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 1,5 jam. Di tempat ini pula para pengunjung dapat melihat matahari terbit maupun tenggelam yang begitu khas yang bisa Anda jumpai sebagai penambah keindahan alam di jurang Kanigoro.

Awalnya objek wisata ini diprakarsai oleh masyarakat penduduk sekitar. Kemudian, tempat ini mulai dikelola secara mandiri tanpa bantuan pemerintah di tanggal 24 Oktober 2016. Barulah kemudian objek wisata ini diperkenalkan ke publik. Karena masyarakat meyakini banyak sekali potensi menarik yang bisa didapat dari objek wisata alam ini,  terutama bagi para fotografer yang ingin melakukan eksplorasi.

Spot Menarik di Jurang Kanigoro

Berikut ini adalah beberapa spot menarik di Jurang Kanigoro, antara lain:

Pemandangan Kebun

Pemandangan Kebun dilokasi ini tentunya menjadi daya tarik utama di Kanigoro. Karena disini juga tersedia kebun buah Mangunan dengan pemandangan sungai Elo yang berlokasi di dataran tinggi. Sehingga, hal ini mampu menciptakan nuansa kesejukan tersendiri. Yang paling penting adalah tempat ini sangatlah cocok digunakan untuk berfoto dan mengabadikan moment indah.

Anjungan Mirip Perahu

Disinilah Anda juga bisa melihat kabut yang seakan “mengalir” meliuk-liuk mengikuti alur sungai yang ada di bawah Jurang Tembelan. Kebanyakan wisatawan tidak pernah lupa untuk mengunjungi spot foto yang satu ini. Karena, jika dilihat sepintas, anjungan ini mirip perahu yang ada di film Titanic. Karena itulah banyak sekali para wisatawan yang memeragakan pose seperti di film Hollywood Titanic saat berada di tempat ini.

Arum Manis Raksasa

Disini juga ada arum manis raksasa yang seolah olah seperti sedang membungkus pepohonan. Karena ada balutan kabur yang menyelimuti pepohonan. Sehingga, semua orang menyebutnya kejadian ini seperti arum manis.  Jika ingin mengunjungi lokasi satu ini usahakan memakai pakaian tebal atau yang melindungi dari suhu dingin. Dan salah satu  kendaraan yang paling tepat digunakan untuk mengunjungi tempat ini adalah motor. Mengignat tempat ini memang masih sangat alami.

Rumah Pohon Sederhana

Spot berikutnya adalah sebuah anjungan yang menjorok ke jurang yang terbuat dari bambu dan kayu. Tempat ini biasa digunakan untuk tempat foto dengan nuansa rumah pohon. Disini pula, Anda bersama keluarga juga bisa berfoto seperti mendiami rumah yang terletak di atas pepohonan. Sehingga, tentunya hasil jepretannya akan menghasilkan efek yang indah.

Gazebo

Lahan di Jurang Tembelan ini tak luas, dan baru ada sekitar dua warung yang buka. Banyak ban bekas yang dijejer dan disulap menjadi semacam pagar. Selain titian gardu pandang mengarah pada Mangunan, disini juga ada semacam gazebo kecil yang dapat kita pergunakan sebagai tempat untuk rehat. Tempat ini masih sepi dan hanya ada beberapa pengunjung yang datang.

Karena dataran rendah yang memisahkan antara bukit ini dan Mangunan memang agak curam. Namun seiring berjalannya waktu, gazebo di lokasi ini sudah banyak digunakan dan mulai dikenal oleh masyarakat sebagai tempat untuk bersantai. Karena banyak wisatawan mulai mengunjunginya untuk berburu tempat spot foto yang menarik.

Tak heran bila kemudian berbagai area tempat disini kemudian mulai banyak diketahui oleh para pengunjung. Di bagian gazebonya sendiri kini juga sudah mulai sering digunakan sebagai tepat untuk beristirahat. Karena suasananya yang sejuk, tak jarang banyak wisatawan yang tertidur lelap di tempat ini.

Deck View

Memang lahan wisata jurang Tembelan di Jogja tak terlalu besar, bahkan tergolong sempit. Namun view yang dimilikinya sangat eksotis. Pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat, seperti deck view untuk melihat peristiwa indah nan cantik yang menjadi pusat perhatian utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. disinilah Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam dengan cara melihatnya dari deck view. Sehingga, hal ini akan menghasilkan sinar pencahayaan yang baik, terutama jika ingin berfoto di tempat ini.

Kegiatan Menarik di Jurang Kanigoro

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dialkukan di tempat ini, antara lain:

Selfie

Walaupun tempat ini masih terbilang baru, namun salah satu daya tarik untuk pengunjung yang sangat besar. Karena disini ada banyak sekali tempat spot foto unik yang harus diabadikan. Mulai dari rumah pohon,  pohon yang dilapis oleh kapur atau yang biasa disebut arum manis, dan beberapa tempat yang sudah dijelaskan di atas. Semuanya benar-benar sangat diminati oleh orang-orang untuk tempat berfoto, terutama ketika akhir pekan jumlah pengunjung pun langsung meningkat.

Menikmati Kopi dan Bersantai

Tempat wisata sejuk, nyaman dan asri paling lengkap jika pengunjung diberikan keleluasaan untuk bersantai sambil minum kopi. Beruntungnya,  di area ini juga banyak sekali beberapa pedagang yang berjualan, terutama berjualan kopi. Sehingga, Anda bisa melakukan kegiatan minum kopi sambil menikmati suhu udara yang sejuk di tempat ini.

Melihat Matahari Terbit

Memang di tempat ini sangatlah mudah untuk melihat matahari terbit. Namun ada beberapa kendala terutama jika kabut datang begitu tebal. Hal ini tak jarang banyak dialami oleh para wisatawan. Maka dari itulah,  waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu di musim kemarau. Jika hal ini dilakukan tentunya Anda akan melihat matahari terbit dengan sangat cantik

Bersepeda

Banyak sekali para wisatawan yang memilih menggunakan kendaraan motor untuk menuju tempat ini. Namun sebenarnya semua jenis kendaraan bisa terpantau dan bersahabat di lokasi tersebut. Jika Anda pecinta bersepeda, tempat ini bisa juga dijadikan untuk berolahraga sepeda karena medan tempatnya yang aman untuk para pengunjung.

Fasilitas

Berikut ini adalah beberapa fasilitas umum yang akan diberikan untuk pengunjung di tempat ini, antara lain:

– Area Parkir kendaraan yang terbilang sangat luas

Tentunya dengan penjagaan aman dan tak perlu khawatir jika Anda ingin berlama lama di tempat ini karena pihak keamanan akan selalu menjaganya

– Warung makan

Jika Anda merasa lelah banyak sekali warung makan disertai dengan suguhan beberapa minuman yang memanjakan tubuh anda setelah melihat keindahan tempat ini.

Hanya dari lokasi wisata, pengunjung juga dapat melihat sejumlah gardu pandangan Mangunan yang ramai ditempati oleh pengunjung lain ketika menikmati keindahan sunset dan sunrise. Bila sobat merasakan lapar atau butuh snack, memang dulu untuk mendapatkan makanan serta minuman sangatlah minim pedagang yang tersedia ditempat ini namun untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat ini jangan khawatir sudah mulai banyak lapak warung pedagang

– Area Camping
– Kamar mandi / MCK

Tentunya dengan keadaan bersih dan terawat meskipun banyak pengunjung tidak menyurutkan para petugas kebersihan disni untuk tetap menjaga kebersihan wc

– Tempat Istirahat
– Spot Foto

Dengan berbagai spot fptp untuk menarik tak salah banyak sekali para wisatawan tak ragu mengunjungi tempat ini karena terbilang cukup unik di Yogyakarta

Harga Tiket Masuk
Untuk harga masuk tidak dikenakan biaya atau gratis. Bbayangkan dengan berbagai macam spot foto di tempat ini, para pengunjung tidak dikenakan biaya. Karena itulah yang menyebabkan tempat ini semakin lama semakin ramai untuk didatangi. Namun untuk menjaga keamanan kendaraan, Anda akan dikenakan biaya sekitar 3000 rupiah saja cukup murah bukan?

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini usahakan sebelum matahari terbit. Lebih tepatnya di pagi hari. Karena nuansa kesejukannya tempat ini memiliki nilai yang terbaik di pagi hari, dibandingkan tempat wisata yang lainnya.


Leave a Reply