Beberapa Spot yang Menarik di Malioboro Yogyakarta

Beberapa Spot yang Menarik di Malioboro Yogyakarta

Category : Wisata Kota Jogja

Tentunya jika Anda mengunjungi Yogyakarta, salah satu tempat yang paling diingat dan selalu ingin dikunjungi oleh para wisatanya yaitu adalah Malioboro. Tempat ini sangat memberikan magnet trsendiri untuk wisatawan domestik maupun luar negeri. Nah, jika Anda sudah menyusun agenda untuk berpergian ke Yogyakarta, ada beberapa hal menarik yang tentunya akan dibahas disini. Yaitu, mulai dari lokasi spot menarik,  belanja kuliner yang seru, dan beberapa hal lain yang tentunya bisa Anda lakukan disni

 

Lokasi dan Sejarah

Letak Malioboro ini di Jalan Malioboro Sosromenduran Gedong Tengen. Malioboro merupakan salah satu jalan yang tidak asing lagi dan dijadikan sebagai salah satu jalan yang sangat populer di Yogyakarta tidak halnya keunikannya saja namun di jalan ini juga menyimpan banyak beberapa hal tak terkecuali sejarahnya.
Malioboro memiliki sebutan lain yaitu jalan karangan bunga,  tetapi dipercaya Malioboro merupakan salah satu nama kolonial Belanda yaitu Marlborough yang pernah tinggal di tempat ini sekitar tahun 1811-1816.

Jalan inipun dibangun bertepatan  dengan di bangunnya keraton. Sementara itu, pada masanya terdahulu, kawasan ini dipergunkan untuk menyambut kedatangan para raja.  Nama yang jalan tersebut adalah “Malyabhara”. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Sansekerta, maka “Malya” itu artinya adalah bunga dan “bhara” yang diambil dari kata “bharin” yang artinya mengenakan. Jadi jalan yang mengenakan bunga (jalan yang istimewa).

Jalan ini ini juga sebagai saksi sejarah pertempuran antara Indonesia dengan kolonial Belanda di serangan 1 maret 1949, karena inilah jalan Malioboro semakin dikenal oleh khalayak banyak orang

Spot Menarik di Malioboro

Inilah spot menarik di Maliboro, antara lain:

Pasar Bringharjo

Jika anda pernah mengunjungi yogyakarta terutama di wilayah dekat Malioboro, tentunya beberapa wisatanya banyak yang berdatangan ditempat ini. Karena lokasi ini dijadikan sebagai salah satu jantung ekonomi banyak berbagai kegiatan ekonomi disini. Mulai berjualan dari pagi hingga malam hari, baik itu untuk berburu souvenir dan oleh-oleh seperti baju dengan kisaran harga yang terjangkau.

Alun-Alun Utara

Usai berbelanja dan berjalan di sekitar Malioboro,  lokasi ini dijadikan sebagai salah satu tempat yang sangat di rindukan oleh para wisatawan terutama ketika di malam hari. Ada banyak sekali aktivitas malam yang menyenangkan di kota ini, untuk berjalan maupun duduk santai di lokasi ini sambil menikmati keindahan malam.

Kegiatan Menarik di Malioboro

Banyak hal yang dapat dieksplorasi untuk mendatangi Yogyakarta, karena pemandangan pagi hari maupun malam hari sangat indah. Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Malioboro, yaitu:

1.Lelah Berkeliling Yogyakarta, Bisa Pijat Refleksi

Jarang sekali ada tempat wisata yang menyediakan jasa pijat refleksi seperti yang ada di Yogyakarta, jika anda lelah berjalan tenang saja wisatawan dapat dimanjakan dengan adanya jasa refleksi disni. Nah yang tak kalah uniknya tempat untuk memijat refleksi ini benar-benar ditengah keramaian jalan Malioboro. Jadi benar benar terbuka untuk umum dan untuk seluruh kalangan.

  1. Beli Buku-Buku Impor Murah. Siap-Siap Kalap!

Selain dikenal menyediakan hotel maupun penawaran harga murah ternyata di beberapa jalan Malioboro juga bisa ditemukan beragam pedagang buku impor yang terbilang cukup bestseller dengan harga murah.

  1. Ngemper Di Malioboro, Asik Juga!

Jika kalian membawa budget sangat minimal, namun ingin tetap berwisata di Yogyakarta. Maka cobalah untuk mengunjungi tempat ini bersama dengan teman-teman atau keluarga. Anda bisa duduk santai dengan tikar maupun ditepian jalan sambil menikmati udara malam karena di situasi malam jalan Malioboro ramah lingkungan.

  1. Nonton Street Musician Gratis

Nah tentunya yang tak boleh ketinggalan oleh wisawatan yaitu adanya penampilan musisi jalanan tapi tidak berbayar. Banyak sekali mungkin tempat wisata yang menawarkan hiburan musim dengan meminta imbalan uang. Namun berbeda jika anda berada di jalan Malioboro, semua hiburan musik dapat Anda saksikan dengan gratis bisa juga memilih lagu kesukaan bernyanyi bersama disini

  1. Menikmati Gudeg Di Warung Lesehan

Seoanjang jalan Malioboro Anda juga akan dimanjakan dengan beragam rentetan gerobak kuliner khas Yogyakarta dengan harga yang terjangkau bisa langsung dipesan sambil bersantai bahkan sesekali diiringi dengan hiburan musisi jalanan semua beragam. Kuliner khas ada disni dengan pilihan harga yang bervariasi.

  1. Ngopi Di Angkringan

Rasanya kurang lengkap jika lewat jembatan Malioboro hanya duduk duduk saja. Ada cara yang lebih asik lagi yaitu dengan menyantap kopi untuk menemani anda di Angkringan sambil menikmati aktivitas di tempat ini.

  1. Mencicipi Hangatnya Wedang Ronde

Mendengar namanya saja sudah ingin langsung menyantapnya. Beberapa gerobak penjual wedang ronde banyak dijumpai di lokasi ini dengan tawaran harga yang relatif murah sekitar Rp 8.000, – saja bisa digunakan untuk menikmati semangkuk ronde dengan topping roti tawar, dan kacang tanah.

8.Mencicipi Sate Kere

Sate unik ini hanya ada di kawasan jalan Yogyakarta dilihat dari sebutan namanya saja sudah bisa terbaca yah berapa. Kisaran harga yang ditawarkan tentunya murah dan tidak menguras banyak uang bagi Anda pemburu kuliner. Namun jika ingin menyatakan sate kere ini, usahakan datang di sore hari. Karena peminatnya yang sangat banyak. Bahkan, tidak jarang ketika malam tiba, pasti sate ini sudah habis terjual semua tanpa sisa.

  1. Menikmati Sore di Jalan Malioboro

Jika sudah selesai berbelanja melepas kelelahan, tentunya paling nikmat untuk duduk bersantai sambil melihat keindahan Yogyakarta. Tidak hanya dimalam hari kawasan ini juga begitu indah ramai sejak sore hari.  Anda bisa duduk santai sembari menikmati jajanan jalanan.

 

  1. Bisa Jeprat Jepret

Banyak sekali alternatif dalam mencari tempat berlibur disini. Anda bisa mengunjungi kusen,  bangunan tua,  datang ke pantai, namun jika Anda mulai jenuh dan ingin merasakan keindahan keramaian di Malioboro, maka sangat tepat untuk pergi kesini. Karena ada banyak sekali beberapa spot foto menarik yang ada di sepanjang jalan Malioboro.

Karena bukan Yogyakarta namanya jika tidak meninggalkan keseruannya serta keinginan lagi untuk datang kembali ke kota ini Anda juga tidak perlu sungkan untuk berfoto disni, karena banyak sekali wisatan yang juga asik berfoto diberbagai sudut spot jadi semua bisa berbaur menjadi satu

Jadi tidak salah lagi jika berkunjung ke jalan Malioboro selain menyediakan kuliner enak,  sajian musisi jalanan dengan alunan suara yang indah, bersantai hingga berfoto dapat dilakukan disni.

Fasilitas

Meskipun tergolong tempat wisata yang baru, namun fasilitas yang dimiliki cukup lengkap. Yaitu tersedianya air kran yang bisa langsung diminum untuk memudahkan wisatawan agar rasa dahaganya bisa hilang. Selain itu disini juga ada banyak sekali pilihan penginapan murah disini.  Jadi jangan ragu lagi untuk berjalan menikmati suasana kota di jalan Malioboro.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di jalan malioboro yaitu gratis,  wah gimana semakin rindu yah dan semakin cepat cepat ingin berlibur ke Yogyakarta.


Leave a Reply