Mengenal Lebih Jauh tentang Keunikan Candi Prambanan

Mengenal Lebih Jauh tentang Keunikan Candi Prambanan

Category : Wisata Kota Jogja

Jika ada yang bertanya, setelah Candi Borobudur, Candi manakah yang sering dikunjungi para wisatawan? Jawabannya adalah Candi Prambanan. Candi yang pada tahun 1991 ditetapkan sebagai warisan dunia itu tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga mancanegara. Terbukti hampir setiap hari, objek wisata budaya tersebut dipenuhi dengan turis asing dari berbagai dunia. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini selain menyimpan banyak sejarah juga menyimpan eksotisme yang mengagumkan.

Lokasi dan Sejarah

Sejarah dari Candi Prambanan tidak terlepas dari cerita leluhur yang menyertainya. Candi Prambanan adalah komplek yang terdiri dari beberapa candi yang mempunyai filosofi tersendiri. Dahulu, nama candi ini adalah Siwaghra yang artinya Rumah Siwa. Oleh karena itu candi ini berpusat di candi Siwa yang kemudian diapit dua candi lainnya yaitu Candi Wishnu dan Candi Dewa Brahma. Tiga dewa paling tertinggi di agama Hindu yang diinterpretasikan dengan tiga candi. Ketiga candi tersebut dikenal dengan Candi Trimurti.

Selain dari ketiga candi tersebut, di dalam komplek candi juga banyak sekali terdapat candi-candi lainnya yang tidak kalah menarik. Seperti Candi Apit, Candi Perwara, Candi Kelir dan Candi Patok. Memang, candi-candi ini bentuknya tidak sebesar candi Trimurti tetapi jumlahnya yang banyak membuat pemandangan di sepanjang komplek terlihat menakjubkan.

Spot Menarik di Candi Prambanan

Berikut ini adalah spot menarik yang ada di Candi Prambanan, antara lain:

Relief Ramayanad Krishnayana

Relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana bisa Anda temui jika Anda masuk lewat gerbang timur musim. Kemudian, Anda bisa membaca relief dengan mengelilingi Candi Trimurti. Relief terdapat di dinding dalam candi. Jika kesulitan membaca tidak perlu khawatir, Anda bisa meminta bantuan kepada jasa pemandu wisata yang banyak sekali berada di Candi Prambanan.

Hal ini tentu selain menambah wawasan Anda dalam memahami cerita yang terjadi di masa lampau juga bisa meningkatkan daya konsentrasi karena dituntut untuk menyimak dengan seksama jika ingin memahami cerita relief yang berbentuk gambar-gambar tersebut.

Museum Rumah Joglo

Setelah puas membaca relief para wisatawan bisa mengunjungi museum rumah joglo yang tidak jauh dari komplek candi, yaitu di sebelah utara. Museum rumah joglo adalah museum yang berbentuk bangunan rumah khas Jawa Tengah yang biasa di sebut joglo. Di dalam museum terdapat koleksi benda-benda purbakala.

Benda-benda tersebut adalah hasil temuan di sekitar komplek candi. Misalnya saja, patung, arca dan bebatuan yang tentu bernilai sejarah tinggi. Untuk mengunjungi museum rumah joglo Anda tidak perlu mengeluarkan uang masuk kembali karena sudah termasuk dalam tiket masuk komplek Prambanan dan Candi Ratu Boko.

Sendra Tari Ramayana

Nah, hal menarik lainnya yang bisa wisatawan temui di Candi Prambanan adalah pertunjukan Sendra Tari Ramayana. Pagelaran ini mengusung cerita Ramayana yang diperankan oleh pemain-pemain yang profesional. Mulai dari setting tempat dan kostum akan dibuat semirip mungkin dengan cerita yang sebenarnya. Tetapi, tidak setiap hari ada pertunjukan seperti ini.

Para pengunjung dan wisatawan yang ingin mendapat pengalaman menarik dan berbeda dari lainnya maka Anda bisa mengunjungi kompleks wisata ini pada setiap malam bulan purnama. Pagelaran biasanya di gelar pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu malam pukul 20.00 sampai 22.00 WIB. Dalam pertunjukan ini. Pertunjukan ini dilakukan di panggung terbuka yang bernama “panggung terbuka trimurti” berlatarbelakang ketiga candi tersebut.

Untuk bisa menikmati cerita Ramayana yang atraktif dengan tarian dan dialog yang pastinya menarik untuk dilewatkan Anda bisa memilih panggung untuk melihatnya. Ada dua kelas yang biasanya di buka yaitu kelas untuk pertunjukan panggung terbuka dan kelas untuk pertunjukan panggung tertutup. Harga tiket masuk untuk masing-masing kelas pun berbeda, dimulai dengan harga Rp 125.000, – rupiah per orang.

Istana Ratu Boko

Spot menarik lainnya yang wajib dikunjungi adalah Istana Ratu Boko. Letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Sejarah istana Ratu Boko adalah dahulu dibangun oleh seorang yang bernama Rakai Panangkaran keturunan Wangsa Syailendra. Penggunaan nama “boko” mengacu pada sosok ayah dari Roro Jonggrang. Di dalam istana ini ada empat bagian istana yaitu di bagian timur, tengah, barat dan tenggara.

Bagian tengah merupakan pintu masuk dengan halaman luas sedangkan bagian timur adalah tempat kediaman putri raja dan bagian timur, barat adalah bukit-bukit yang terletak di dekat istana.

Kegiatan Menarik di Candi Prambanan

Di komplek Candi Prambanan yang mempunyai luas lebih kurang 40 hektar tentunya Anda akan mendapatkan pengalaman menjelajahi wisata yang menyenangkan. Anda bisa menikmati pemandangan candi dengan angin semilir dari rindangnya pohon yang berada di samping-samping pelataran komplek candi.

Kegiatan memotret untuk simbol kenang-kenangan juga sangat Anda lakukan karena banyak spot foto yang menarik. Jika Anda mengajar anggota keluarga yang masih anak-anak Anda bisa menambah wawasan mereka dengan membaca relief Ramayana dan kisah di baliknya. Berikut beberapa kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke Candi Prambanan.

Memanah

Jika ada pertanyaan benarkah, di komplek candi kita bisa mencoba untuk belajar memanah? Jawabannya adalah iya. Di komplek candi Anda dan keluarga atau teman dekat bisa belajar memanah yang sudah disediakan pelataran candi. Selain bermain Anda sekaligus olahraga dan melatih daya konsentrasi. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000, – untuk 20 anak panah yang siap Anda lesatkan.

Berfoto ala-ala

Spot keren lainnya adalah spot foto ala-ala. Mengapa di sebut ala-ala? Karena Anda bisa berfoto di sini dengan background yang seperti aslinya. Di sini Anda bisa berfoto dengan ayunan dan sepeda gantung dengan latar pemandangan candi yang eksotis. Untuk berfoto Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000, – saja. Cukup terjangkau bukan, untuk menyimpan kenangan dalam lensa kamera.

Berkeliling dengan Menyewa Sepeda atau Kereta Wisata

Untuk bisa puas mengelilingi semua sudut Candi Prambanan memang terkadang menguras stamina. Untuk menjawab rasa penasaran Anda tanpa harus kelelahan Anda bisa mencoba menggunakan jasa sewa sepeda atau kereta wisata. Tentunya tidak kalah menarik dengan berjalan kaki. Untuk sewa kereta dikenakan harga Rp 10.000, – per orang tetapi kereta hanya bisa mengantar sampai Candi Sewu saja. Sedangkan untuk menyewa sepeda Anda bisa membayar Rp 20.000, – per orang.

Memberi Makan Rusa

Bertamasya sambil meningkatkan rasa sayang untuk hewan bisa Anda temui di Candi Prambanan. Ada spot menarik yang bisa Anda coba dengan si kecil atau keluarga lainnya, yaitu memberi makan rusa. Sebenarnya bukan hanya rusa saja yang terdapat di spot ini Banyak sekali hewan lainnya seperti kuda, burung cenderawasih, burung merak. Namun, Anda bisa memberi makan rusa dengan membeli seikat sayuran kangkung yang dijual dengan harga Rp 2000, -. Menarik bukan?

Melihat Sunset

Kata siapa Candi Prambanan adalah tempat wisata membosankan bagi anak muda. Di sini, Anda yang berjiwa muda tentu bisa menanti moment spesial yang sering tejadi di komplek candi. Jika cuaca sedang bagus Anda akan bisa melihat sunset yang menimbulkan romantisme luar biasa. Sinar matahari tenggelam akan terlihat mempesona menerpa cdan menerobos celah-celah setiap candi. Sungguh pemandangan yang indah yang wajib Anda abadikan.

Fasilitas

Fasilitas yang di sediakan di Candi Prambanan bisa dibilang lengkap. Mulai dari spot-spot menarik, parkir yang cukup luas, toilet, tempat makan hingga toko-toko souvenir yang banyak dan beragam. Anda bisa memilih cinderamata yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Seperti misalnya gantungan dari bahan kayu, manik-manik, topi hinga baju yang bergambar candi Prambanan. Selain itu banyak pemandu wisata yang siap memandu Anda jika ingin mengeksplor lebih tentang candi Prambanan.

Yang menarik banyak perhatian tentunya Sendra tari Ramayana yang menakjubkan. Tidak lupa museum rumah joglo dan Istana Ratu Boko yang tidak jauh dari komplek candi. Tidak heran jika ada yang menyebut wisata Candi Prambanan dikatakan sebagai wisata dengan paket lengkap. Perpaduan wisata edukasi, sejarah, religi, petualangan dan seni.

Selain fasilitas di dalam fasilitas di luar area candi juga sangat memudahkan wisatawan. Letak Candi Prambanan yang dekat dengan jalan raya Jogja-Solo dirasa sangat strategis. Sehingga memudahkan para wisatawan untuk menuju lokasi dengan menggunakan transportasi apapun.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dan mancanegara tentu berbeda. Wisatawan lokal yang berusia dewasa di bandrol dengan tiket sebesar Rp 40.000, -. Sedangkan untuk anak-anak biaya tiketnya adalah Rp 20.000, – per orang. sementara itu, untuk turis asing dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 337.500, – dan turis asing anak-anak sebesar Rp 202.500, – per orang.

Ada paket yang biasa disediakan selain perorangan yaitu paket Prambanan, Plaosan dan Sojiwan dengan harga per paket Rp 60.000, – untuk orang dewasa dan Rp 30.000, – untuk anak-anak. Paket Prambanan – Ratu Boko adalah Rp 75.000, – untuk dewasa dan Rp 35.000, – untuk anak-anak. Candi Prambanan buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00.


Leave a Reply