Pantai Baron Surganya Pecinta Alam Gunung Kidul, Ini Alasannya!

Pantai Baron Surganya Pecinta Alam Gunung Kidul, Ini Alasannya!

Pantai Baron adalah salah satu destinasi wisata terfavorit di kota Yogyakarta. Selain menyajikan pesona tradisional yang masih khas, disini juga menyediakan keindahan alam yang masih asri. Karena ciri khas yang dimilikinya itulah membuat pantai ini disukai banyak wisatawan. Baik itu dari sisi aneka kuliner yang disediakan, juga dari view pemandangan yang disajikan.

Lokasi dan Sejarah

Pantai Baron ini terletak di desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung kidul. Anda bisa menempuhnya dari pusat kota Jogja dengan jarak 40 km. Berbeda sekali dengan pantai pada umumnya yang ada di kota Jogja. Karena nama pantai ini tidak mengundung unsur Jawa didalamnya. Karena dulu pantai ini ditemukan bangsawan Belanda, Yaitu Baron Skeber ketika sedang mendaratkan kapalnya di pantai.

Disamping itu, Baron juga dikenal menjadi bule sakti. Karena dirinya pernah bertempur dengan Panembahan Senopati, sang pendiri Kerajaan Mataram. Di pantai inilah dulu pernah dijadikan sebagai markas Belanda di tahun 1930 silam. Dari sinilah kemudian dijadikan sebagai asal usul dari nama “Baron” untuk pantai ini.

Spot Menarik di Pantai Baron

Di bawah ini adalah beberapa spot menarik yang akan ditemukan jika berkunjung ke pantai Baron, antara lain:

  1. Pemandangan pantai yang tidak ada duanya. Karena pantai ini terbentuk dari teluk yang bentuknya U dan diapit perbukitan karang hijau. Sehingga, meskipun pasir pantainya berwarna kecoklatan, namun air lautnya benar-benar masih alami dan warnanya biru kehijauan. Sehingga, jika dilihat secara keseluruhan, pemandangan pantai ini masih sangat alami dana sri untuk dinikmati.
  2. Puncak Selfie Baron Hill. Untuk yang gemar mengambil foto selfie, jangan lupa untuk berjalan ke arah utara pantai ini. Sehingga, Anda bisa menemukan puncak untuk selfie di pantai Baron. Disinilah nantinya Anda bisa mengambil berbagai macam foto unik dengan background yang unik pula. Dengan pesona keindahannya inilah membuat hasil jepretan Anda semakin cantik.
  3. Sungai air bawah tanah. Ini adalah spot paling unik di pantai Baron. Karena sangat langka sekali ada sungai yang berasa tawar. Karena memang spot ini menjadi satu dengan aliran air laut.
  4. Tempat Pelelangan Ikan. Ini adalah spot paling disukai para ibu-ibu yang hobby memasak. Karena mereka bisa mendapatkan aneka ikan yang siap dimasak di rumah untuk oleh-oleh.

Kegiatan Menarik di Pantai Baron

Mau tahu seperti apakah kegiatan menarik di pantai Baron ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Berenang di sungai bawah tanah. Ini adalah kegiatan paling unik di pantai Baron ini. Karena disini juga ada sungai bawah tanah yang aliran airnya menjadi satu dengan air laut. Namun, rasa air sungai ini tawar. Sehingga, hal ini membuatnya semakin unik dan tetap aman saat berenang di sungai ini.
  2. Anda juga bisa berburu foto ketika singgah ke pantai Baron ini. Karena di pantai inlah Anda bisa mengambil gambar background yang unik. Sehingga, dijamin hasil jepretan Anda lebih gokil!
  3. Berkemah di bukit karang. Untuk yang hobby berpetualang, Anda wajib berkemah di pantai ini. Tidak harus berkemah di tepi pantai saja. Anda juga bisa berkemah di perbukitan karang bersama dengan rombongan Anda. Dengan kegiatan berkemah itulah membuat Anda bisa menikmati nuansa malam di pantai Baron ini. Dijamin Anda akan takjub dibuatnya. Karena pemandangan disini masih sangat asri dan bebas polusi. Meskipun untuk mengunjunginya tetap harus hati-hati. Karena disini ada banyak karang yang masih tajam. Jangan sampai terluka saat mendakinya.
  4. Memancing ikan dari atas bukit. Kegiatan ini cocok sekali untuk Anda yang gemar memancing. Karena disini merupakan habitatnya ikan predator, seperti ikan barakuda, ikan kuwe gerong, dan ikan tenggiri. Ada juga ikan kerapu dan ikan kakap merah. Sehingga, kegiatan memancing di pantai Baron ini merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh diabaikan. Supaya mendapat banyak ikan, sebaiknya pakai mata kail dan senar yang kuat. Sedangkan untuk umpannya bisa dibeli di area pantai.
  5. Menyantap hidangan laut di pinggir pantai. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh beberapa orang ketika singgah ke pantai Baron. Karena disini tersedia aneka hidangan laut yang bisa disantap di pesisir pantai. Ada banyak tempat makan yang menawarkan aneka kuliner seafood yang lezat khas sekali dengan hasil tangkapan di pantai Baron.
  6. Berbelanja ikan laut yang masih segar. Selain mencoba aneka hidangan laut, Anda juga bisa berbelanja ikan laut yang masih segar. Karena disini tersedia tempat pelelangan ikan yang akan memanjakan Anda untuk mencoba berbelanja aneka hasil laut dengan harga yang sangat terjangkau.
  7. Melihat upacara sedekah laut. Jika Anda datang di tanggal 1 Syura, Anda bisa melihat adanya upacara sedekah laut. Biasanya upacara ini dilakukan oleh para nelayan setempat sebagai rasa syukurnya karena telah mendapatkan hasil laut yang melimpah.
  8. Melihat peristiwa yang terjadi setiap 5 tahun sekali. Ini adalah kegiatan paling menarik. Karena jika Anda berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa melihat aliran sungai yang tiba-tiba saja berubah arah dan bisa membelah pasir pantai dengan cara horizontal. Biasanya hal ini kerap terjadi setiap 5 tahun sekali.

Fasilitas

Fasilitas di pantai Baron ini cukup lengkap dan ada beraneka ragam. Sehingga, hal ini semakin mempermudah para pengunjung untuk menikmati liburan di pantai ini. Beberapa fasilitas yang disediakan di pantai ini adalah berikut ini:

  1. Camping ground – Yaitu fasilitas untuk tempat camping saat singgah ke pantai Baron ini. Dengan memanfaatkan fasilitas inilah Anda bisa mendapatkan pengalaman tersendiri saat berlibur ke pantai ini. Anda juga bisa melakukan kegiatan camping sambil melihat deburan ombak pantai selatan yang deras sambil menikmati keindahan langit malam yang menakjubkan.
  2. Disini menyediakan mercusuar yang bisa dimasuki dengan biaya sebesar Rp 5.000, -. Di puncak mercusuar inilah Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto terbaik yang indah ketika berada di pantai Baron.
  3. Aneka kuliner yang lengkap. Dengan begitu, Anda bisa menikmati sajian berbagai macam kuliner khas laut sepuasnya.
  4. Tempat penjualan souvernir untuk oleh-oleh.
  5. Tempat penginapan dengan harga sewa yang terjangkau. Ini cocok sekali untuk Anda yang malas memanfaatkan fasilitas camping disini. Anda bisa memanfaatkan tempat penginapan disini untuk menikmati keindahan malam di pantai Baron.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000. Tiket tersebut juga bisa digunakan sebagai akses masuk pantai lainnya, yaitu Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup. Dengan biaya tersebut, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas berupa toilet umum, wahana bermain anak, toko cendera mata, tempat parkir, dan perahu mesin. Tersedia pula beberapa penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.


Leave a Reply