Pantai Edukasi Terbaik Hanya Ada di Pantai Baru

Pantai Edukasi Terbaik Hanya Ada di Pantai Baru

Category : Wisata Alam

Sebenarnya pantai Baru ini adalah pengembangan dari pantai yang ada di sebelahnya. Karena lokasinya yang masih jauh dari pusat kota, sehingga hal ini membuat pantai ini tidak begitu populer. Begitu juga dengan infrastrukturnya yang masih minim. Karena itulah, tak heran jika tempat ini sering dimanfaatkan oleh para nelayan untuk keluar masuk laut menangkap ikan.

Lokasi dan Sejarah

Pantai ini terletak di desa Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DIY. Letaknya berada di antara pantai Pandansimo dengan pantai Kuwaru. Sama seperti namanya, sejarah dari pantai Baru ini adalah pantai yang masih baru. Jadi, kata baru disini maksudnya adalah karena pantai ini masih baru dikembangkan untuk kegiatan pariwisata oleh warga sekitar.

Dulu, kondisi pantai ini sangat kumuh, kotor, dan kurang terawat. Sehingga, dari sinilah kemudian membuat warga sekitar mulai untuk berinisiatif mengelolanya lebih baik. Hingga kemudian pantai ini mulai dikembangkan menjadi tempat wisata bernama pantai Baru yang kini mulai digemari banyak orang.

Spot Menarik di Pantai Baru

Beberapa spot menarik yang bisa ditemukan ketika berkunjung ke pantai Baru adalah sebagai berikut ini:

  1. Kincir Angin – Spot yang satu ini merupakan ciri khas dari pantai Baru. Bahkan, bisa dibilang bahwa kincir angin merupakan daya tarik tersendiri di pantai ini. Kincir angin ini sebenarnya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk energi pembangkit listrik menggunakan tenaga angin. Selain itu, kincir angin ini juga dimanfaatkan untuk sumber energi dan penerangan pada fasilitas disana. Sambil belajar cara kerjanya, Anda juga bisa mengambil gambar di sekitarnya sebagai background yang unik.
  2. Deretan Pohon Cemara – Disinilah Anda bisa menikmati suasana pantai yang benar-benar sejuk dan rindang. Karena disini juga ada deretan pohon cemara yang bisa dinikmati. Anda bisa menggelar tikar dibawah pohon cemara sambil bersantai. Tentu saja ini adalah spot terbaik untuk menikmati ombak pantai dan desiran angin di pantai sambil menyantap bekal makanan dari rumah.
  3. Tempat Outboud dan Arena Bermain – Disini juga menyediakan wahana bermain outbound yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Jadi, selain bisa melihat kegiatan para nelayan secara langsung, Anda juga bisa memanfaatkan spot bermain di arena bermain disini. Sehingga, liburan bisa terasa makin seru.
  4. Tempat pelelangan ikan – Disinilah merupakan surganya para ibu-ibu yang gemar memasak. Karena pantai Baru ini juga memiliki spot untuk pelelangan ikan yang menjual hasil tangkapan nelayan di pagi hari dengan harga yang terjangkau. Sehingga, Anda bisa membeli dan menjadikannya sebagai oleh-oleh di rumah.
  5. Bangkai paus – Ini adalah spot yang paling menarik di pantai Baru ini. Spot ini berasal dari bangkai paus yang sempat terdampat beberapa waktu lalu di pantai ini. Sehingga, Anda bisa menjadikan spot ini sebagai tempat terbaik untuk menambah pengetahuan dan menjadikannya sebagai background terbaik untuk mengambil gambar.

Kegiatan Menarik di Pantai Baru

Berkat beberapa spot yang menarik di pantai Baru inilah membuat Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik seperti berikut ini!

  1. Menambah Edukasi – Saat berkunjung ke pantai ini, Anda bisa melihat secara langsung proses instalasi pembangkit listrik menggunakan tenaga surya dan angin di utara pantai. Disinilah Anda bisa bertanya kepada petugas tentang pemanfaatan teknologi ini. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan liburan Anda lebih bermakna. Karena Anda bisa melakukan kegiatan liburan sambil menambah pengetahuan disini.
  2. Berjalan-jalan – Ini adalah kegiatan paling simple dilakukan di pantai. Selain bisa berjalan-jalan di pesisir pantai, Anda juga bisa berjalan-jalan di tiang kincir angin timur bangunan induknya. Dijamin Anda akan merasakan keunikan tersendiri ketika berjalan-jalan di pantai ini.
  3. Berkeliling dengan all terrain vehicle – Karena pantai ini cukup luas, yaitu mencapai 4 km. Maka agar tidak kecapekan, Anda bisa memanfaatkan sewa kendaraan disini dengan harga yang bervariasi. Sehingga, Anda bisa menikmati liburan Anda lebih menyenangkan.
  4. Melihat sunset. Tentu saja ini adalah kegiatan paling ditunggu-tunggu ketika berkunjung ke pantai Baru. Karena melihat sunset adalah kegiatan paling menarik ketika berkunjung ke pantai. Anda bisa melihat sunset sambil bersantai-santai di atas tikar yang Anda bawa dari rumah.
  5. Bermain layang-layang. Karena kawasannya yang luas dan angin pantainya cukup kencang, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk bermain layang-layang di pantai.
  6. Melihat Pelepasan Penyu – Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat kegiatan pelepasan penyu disni. Sehingga, hal ini bisa menjadi kegiatan paling menarik yang tidak mungkin ditemukan di rumah Anda.
  7. Menikmati Aneka Kuliner Laut – Mengingat pantai ini memiliki hasil tangkapan laut yang banyak, sehingga ikan yang disediakan juga masih segar. Tentu saja karena banyaknya aneka tangkapan laut itulah membuat Anda semakin mudah menemukan aneka kuliner laut disini dengan cara membelinya di warung makan terdekat. Dijamin Anda bisa mendapatkan nuansa yang berbeda. Karena beberapa tempat makan disini menyediakan tempat lesehan yang diletakkan di bawah pohon cemara.
  8. Berbelanja ikan segar – Berbelanja juga merupakan salah satu kegiatan paling ditunggu-tunggu. Karena tidak semua pantai menyediakan tempat perbelanjaan ikan segar yang lengkap. Maka dari itulah, jika Anda tertarik untuk berbelanja aneka ikan segar hasil tangkapan laut, maka pantai Baru ini adalah tempat terbaik untuk Anda.

Fasilitas

Sejak pantai ini dijadikan menjadi tempat wisata, akhirnya warga sekitar mulai mengembangkan beberapa fasilitas di tempat ini untuk mendukung kebutuhan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut meliputi, mushola, toilet, dan warung makan. Sehingga, jika Anda lupa tidak membawa bekal dari rumah, maka Anda bisa mencoba kuliner disini.

Selain itu, disini juga menyediakan lahan parkir yang luas. Sehingga, parkir disini bisa menampung semua kendaraan pengunjungyang datang. Ada juga fasilitas berupa kolam renang mini dan hiburan yang lain. Yaitu tempat persewaan ATV yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai Baru ini sangat terjangkau. Anda bisa mencari ketenangan disini, sambil menimba ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi pembangkit listri menggunakan tenaga angin dan matahari. Biaya tiket masuknya adalah Rp 4.000, – per orang. Sedangkan, biaya tiket parkirnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000, -.
  2. Parkir mobil sebesar Rp 5.000, -.
  3. Parkir mini bus sebesar Rp 10.000, -.
  4. Parkir bus sebesar Rp 15.000, -.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi pantai Baru ini, sebaiknya datang saja di jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Karena pantai ini dibuka setiap hari di jam tersebut. Anda bisa datang kapan saja sambil menikmati udara pantai di pagi hari, atau menikmati angin pantai di siang hari, sekaligus menunggu datangnya sunset di sore hari.


Leave a Reply