Pecinta Kuliner Seafood Wajib Mampir ke Pantai Depok, Ini Alasannya!

Pecinta Kuliner Seafood Wajib Mampir ke Pantai Depok, Ini Alasannya!

Category : Wisata Alam

Pantai Depok adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang terkenal dengan wisata kulinernya. Wisata kuliner yang paling populer disini adalah olahan sea food.  Bahkan, tidak hanya para masyarakat di sekitar saja yang berkunjung ke tempat ini. Banyak sekali wisatawan domestik sampai dengan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini karena penasaran dengan sajian kuliner dan keindahan pantainya.

Lokasi dan Sejarah

Pantai Depok ini terletak di Kec. Kretek, kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai di pantai ini cukup mudah. Karena letaknya sendiri dekat dengan pantai Parangtritis. Sehingga, rutenya juga mudah ditemukan. Sedangkan untuk sejarahnya sendiri, sebenarnya dulu tempat ini Cuma sebuah bibir pantai yang tidak terkenal. Bahkan, di pantai ini tidak pernah ada kegiatan apapun.

Namun, suatu ketika di tahun 1997 datang beberapa nelayan dari Cilacap yang berlabuh ke pantai ini. Mereka datang membawa hasil tangkapan ikan laut untuk ditawarkan kepada masyarakat sekitar pantai. Dari sinilah kemudian banyak orang yang mulanya bekerja di tambang pasir mulai tertarik menjadi nelayan. Sehingga, karena alasan ini pula membuat pantai ini kemudian terkenal dengan hasil tangkapan lautnya yang melimpah.

Spot Menarik di Pantai Depok

Berkat kepopulerannya di bidang sajian kuliner seafood, sehingga hal ini membuat pantai ini semakin ramai dari waktu ke waktu. Selain itu, pantai ini juga memiliki banyak spot yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja, seperti di bawah ini!

  1. Spot kapal nelayan – Di tempat inilah Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk duduk bersandar sambil menikmati ombak pantai. Di pantai inilah Anda bisa merasa seperti dunia milik sendiri.
  2. Banyak spot foto menarik – Ini adalah salah satu spot paling diminati para pengunjung. Karena disinilah para pengunjung bisa menjadikan tempat ini sebagai background foto yang terbaik. Selain memiliki spot foto berbentuk jantung hati, ada juga spot foto berupa hiasan bunga yang menarik untuk background foto.
  3. Pasar Ikan – Khusus untuk pecinta kuliner, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot terbaik untuk berbelanja aneka ikan hasil tangkapan dari laut. Beberapa ikan yang biasanya dijual disini ada ikan lele, kerapu, dan hiu juga ada dengan harga yang bervariasi.
  4. Warung Makan – Seperti yang disampaikan sebelumnya. Bahwa, Pantai Depok ini terkenal dengan sajian aneka kuliner sea food. Sehingga, untuk pecinta kuliner wajib datang ke pantai ini untuk mencoba masakannya di beberapa tempat makan yang tersedia disini dengan harga yang bervariasi.
  5. Pasir hitam – Meskipun pasirnya berwarna hitam, namun teksturnya sangat halus dan lembut. Selain itu, karena ukurannya yang luas, sehingga Anda bisa memanfaatkan spot ini untuk bermain pasir dan melakukan berbagai macam kegiatan lainnya saat berada di Pantai Depok.
  6. Pasar jajanan pasar – Selain tersedia pasar ikan, disini juga ada pasar yang menjual jajanan pasar. Sehingga, jika Anda mencari sesuatu yang baru dan khas di tempat ini, Anda wajib berkunjung ke pasar ini agar Anda bisa menikmati sajian jajanan pasar yang khas di Pantai Depok.

Kegiatan Menarik di Pantai Depok

Selain memiliki beberapa spot yang lengkap untuk dikunjungi, Anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menarik di tempat ini. Beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Depok adalah sebagai berikut ini:

  1. Menikmati jajanan pasar – Tidak hanya terkenal dengan aneka sajian kuliner sea food saja. Ternyata di pantai inilah Anda juga bisa menikmati aneka jajanan pasar di pagi hari sebagai cemilan khas Yogyakarta. Karena kulinernya inilah membuat pantai ini seakan-akan seperti bukan pantai, namun menjadi sebuah pasar.
  2. Bermain Motor Cross – Jika Anda bosan hanya duduk-duduk di pantai, Anda bisa mencoba kegiatan lainnya. Yaitu, bermain motor cross. Disinilah Anda bisa menyewa motor cross sebesar Rp 25.000, – saja. Harganya cukup terjangkau untuk meningkatkan adrenalin Anda saat berkunjung ke pantai ini.
  3. Mengambil foto – Berkunjung ke Pantai Depok ini belum lengkap rasanya bila belum mengabadikan momen dengan cara mengambil foto. Maka dari itulah, jangan lupa membawa foto saat berkunjung ke tempat ini. Namun, bila Anda lupa membawanya, Anda bisa menggunakan jasa foto yang tersedia dengan harga Rp 10.000, – saja.
  4. Menikmati kuliner sea food – Seperti yang disampaikan sebelumnya. Bahwa Pantai Depok ini terkenal dengan sajian kulinernya. Maka dari itulah, jika Anda pecinta kuliner, maka salah satu kegiatan paling menarik saat berkunjung ke pantai ini adalah dengan cara menikmati sajian kuliner berupa sea food di beberapa tempat makan.
  5. Bermain pasir – Dilihat secara keseluruhan, karakter pantai ini hampir sama seperti pantai parangtritis. Yaitu, pasirnya berwarna hitam dan halus, sedangkan ombaknya sangat tinggi. Sementara itu, untuk bibir pantainya sangat lebar. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan spot ini untuk bermain pasir bersama keluarga dan teman-teman.
  6. Bermain ATV – Jika Anda tidak suka berdiam diri saja, maka Anda bisa melakukan kegiatan lainnya. Yaitu, bermain ATV. Disinilah Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan cara menyusuri bibir pantai dengan ATV ini. Tentunya dengan naik ATV akan membuat kegiatan Anda untuk menyusuri pantai terasa lebih menyenangkan dan tidak lelah.
  7. Melihat kegiatan para nelayan – Meskipun hanya melihatnya saja, namun ternyata kegiatan ini cukup digemari oleh para pengunjung. Karena dengan melihatnya saja, para pengunjung bisa memahami bagaimana proses mencari ikan dari laut. Selain itu, pemandangan ini juga bisa membuat mata tidak jenuh karena melihat kegiatan yang tidak biasa dilihat sehari-hari di rumah.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Pantai Depok ini sangat lengkap dan cukup memadahi. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada di pantai ini, antara lain:

  1. Toilet umum yang lengkap dan bersih.
  2. Area parkir yang sangat luas.
  3. Tempat makan yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Pantai Depok.
  4. Kios penjual oleh-oleh.
  5. Spot foto yang lengkap.
  6. Tempat persewaan tenda, payung, tikar, dan foto.
  7. Kolam renang untuk anak-anak dengan biaya masuk Rp 5.000, – per anak.
  8. Pasar ikan.
  9. Hotel dan homestay dengan biaya sewa kamar yang terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Depok ini ketika hari biasa adalah Rp 7.500, – per orang. Sedangkan, di hari libur, seperti hari weekend dan disaat ada event tertentu, maka biaya tiket masuknya adalah Rp 10.000, – per orang. Namun, bila Anda datang di pagi hari jam 6 hingga jam 7 pagi, maka Anda tidak akan dikenakan biaya. Aliar Gratis! Karena di jam tersebut biasanya belum ada petugas retribusi yang bekerja di tempat ini.


Leave a Reply