Pantai Drini Pantai yang Romantis untuk Disinggahi

Pantai Drini Pantai yang Romantis untuk Disinggahi

Pantai Drini adalah salah satu pantai paling hits di kota Yogyakarta. Pantai ini diapit bukit dari sebelah timur dan barat. Sehingga, jika dilihat secara keseluruhan, pemandangannya benar-benar menakjubkan. Terlebih untuk fasilitasnya sendiri juga sangat lengkap. Sehingga, Anda bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia sambil liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasi dan Sejarah Pantai Drini

Letak pantai Drini ini ada di Kec. Tanjungsari, desa Banjajero, di Kab. Gunung Kidul, DIY. Lokasinya dekat dengan pantai Baron dan pantai Sepanjang. Disamping itu, letak pantai ini juga masih 1 jalan dengan pantai Kukup, pantai Sundak, dan pantai Krakal yang ada di Gunung Kidul.

Nama pantai Drini ini berasal dari nama sebuah pohon yang banyak tumbuh di karang kecil tengah pantai (pulau karang kecil). Pohon itu bernama pohon santigi atau Pemphis acidula. Sedangkan para masyarakat sekitar lebih umum menyebutnya sebagai pohon drini. Dulu katanya pohon ini bisa menangkal bisa ular. Dari sinilah, karena jumlah pohon drini di sekitar pulau kecil ini ada banyak, maka disebutlah pantai ini menjadi pantai Drini.

Spot Menarik di Pantai Drini

Karena fasilitasnya cukup lengkap, hal ini membuat banyak wisatawan berlibur ke pantai Drini ini. Selain itu, di pantai ini juga memiliki beberapa spot yang menarik. Sehingga, hal ini membuat kepopulerannya semakin melejit. Berikut ini adalah spot menarik yang ada di pantai Drini, antara lain:

Perahu Nelayan di Bibir Pantai

Ini adalah spot paling menarik ketika berkunjung ke pantai Drini. Karena dengan keberadaan dari para perahu nelayan di bibir pantai inilah membuat suasanya menjadi lebih khas. Yaitu, khas sekali dengan nuansa pedesaan di pesisir pantai yang terlihat lebih natural. Sehingga, Anda bisa menjadikan spot ini sebagai tempat terbaik untuk mengambil gambar di pantai.

Kombinasi Bukit Hijau dengan Pasir Pantai

Ada lagi spot unik disini. Yaitu, ada perbukitan berwarna hijau yang dilengkapi dengan pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Sehingga, hal ini membuatnya semakin unik, disaat banyak pantai saat ini selalu khas dengan warna pasirnya yang selalu putih.

Pulau Drini

Di pantai Drini ini juga ada pulau kecil yang membuatnya semakin unik. Dimana pulau tersebut berada di area bibir pantai. Sehingga, hal ini membuat siapapun yang melihatnya akan merasa lebih sejuk di sekitar pantai. Pulai ini bernama pulau Drini. Letaknya dekat sekali dengan bibir pantai. Anda bisa menuju kesana dengan cara menyebrang pantai disaat air lautnya sedang surut dengan cara berjalan kaki.

Selain itu, jika Anda ingin menikmati pemandangan alam yang lebih lapang lagi, Anda bisa naik langsung ke puncaknya yang ada di pulau Drini. Sehingga, Anda bisa melihat seperti apakah keindahan pantai ini dari atas langsung. Untuk naik ke puncaknya pun sangat mudah. Karena disini sudah tersedia tangga yang membuat aksesnya semakin mudah.

Bukit Gubuk

Selain ada pulau kecil, di pantai Drini juga ada bukit gubug yang bisa dikunjungi. Spot ini berada di sebelah timur pantai. Disinilah para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari atas yang cukup indah. Sehingga, bisa dibilang bahwa disini merupakan spot terbaik untuk Anda yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan pantai beserta pasir, pulau, dan tebing karangnya dari atas.

Pulau Karang

Selain memiliki pulau Drini, disini juga tersedia pulau karang yang begitu cantik. Karena keindahannya inilah membuat pantai Drini ini disebut juga dengan pantai 2 wajah. Dimana di sebelah barat Anda bisa melihat beberapa perahu nelayan beserta tempat pelelangan ikan. Sedangkan di sebelah timurnya Anda bisa melihat pemandangan yang begitu indah dari ombak laut, pasir putih, dan juga perbukitan pantai yang hijau.

Kegiatan Menarik di Pantai Drini

Pantai Drini merupakan objek wisata yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sehingga, Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti di bawah ini ketika berkunjung ke pantai Drini ini!

  1. Menikmati keindahan alam. Ini adalah kegiatan paling menarik ketika berkunjung ke tempat ini. Karena disinilah Anda bisa melihat keindahan air laut yang jernih, pemandangan alam di sekitar pantai dari sisi timur pantai, dll. Semuanya benar-benar menakjubkan.
  2. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukana dalah menyeberang ke Pulau Drini. Seperti yang disampaikan sebelumnya. Bahwa disini juga ada pulau Drini sebagai spot penting yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke pantai Drini. Untuk sampai di pulau ini, Anda harus menyebrangnya sendiri ketika ombaknya sedang surut. Anda juga bisa berjalan kaki ke pulau ini untuk melihat keindahan pulau Drini ini.
  3. Menikmati sajian kuliner yang enak dan lezat. Kegiatan ini cocok sekali untuk pecinta kuliner yang gemar mencoba berbagai macam makanan khas laut. Disinilah Anda bisa menyantap aneka hidangan laut yang mampu menggugah selera Anda sambil menikmati pemandangan indah di gazebo.
  4. Camping atau berkemah juga merupakan kegiatan paling seru di pantai Drini ini. Anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk camping di tempat ini, tepat di atas bukitnya. Agar Anda bisa melihat keindahan pemandangannya di malam hari.
  5. Snorkeling juga bisa dilakukan ketika singgah ke pantai ini. Dimana Anda bisa berenang lengkap dengan peralatan snorkeling untuk melihat keindahan yang ada di bawah air laut. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan untuk snorkeling, Anda bisa menyewa peralatannya disini. Dengan ombaknya yang tenang, dijamin kegiatan snorkeling akan semakin aman dilakukan.
  6. Melihat sunset. Jika Anda berburu pemandangan indah ketika matahari terbenam, maka Anda harus melihat sunset disini. Kegiatan ini cocok sekali untuk Anda yang mau berkemah di tempat ini. Sehingga, Anda bisa melihat sunset ketika camping di pantai Drini.
  7. Naik perahu kano.

Fasilitas Pantai Drini

Di pantai Drini ini, Anda bisa menikmati aneka fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga, dengan fasilitas yang lengkap itulah akan memenuhi kegiatan Anda di pantai ini supaya makin seru. Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di pantai ini adalah:

  • Lahan parkir yang luas.
  • Tempat persewaan perahu kano.
  • Gazebo atau gubug.
  • Tempat makan/ warung makan yang unik. Karena disini tersedia tempat makan yang memiliki gazebo teduh. Sehingga, sambil menikmati sajian kuliner yang ada, Anda bisa bersantai di gazebo yang disediakan tersebut. Dengan begitu, selain perut kenyang, mata dan pikiran juga lebih fresh bila menyantap hidangan disini.
  • Tempat camping.
  • Tempat persewaan alat snorkeling.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai Drini adalah sebesar Rp 10.000, – per orang. Itu artinya harga tiketnya masih sangat terjangkau. Mengingat fasilitas dan pesona keindahan alam yang ditawarkan benar-benar masih alami dan menakjubkan. Sedangkan untuk tarif parkirnya dikenakan biaya sebesar Rp 2.000, – hingga Rp 5.000, -.


Leave a Reply