Pesona Pantai Krakal Tidak Ada Duanya, Beginilah Penampakannya!

Pesona Pantai Krakal Tidak Ada Duanya, Beginilah Penampakannya!

Category : Wisata Alam

Salah satu pantai paling eksotis di kota Yogyakarta adalah pantai Krakal. Pantai yang satu ini ramai dikunjungi para wisatawan. Selain bisa menikmati keindahan alam, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Pantai ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore. Sehingga, Anda bisa menikmati sunset dan sunrise di tempat ini bila Anda menginap di area pantai. Tentunya dengan biaya yang bervariasi. Tergantung kebutuhan.

Lokasi dan Sejarah di Pantai Krakal

Pantai Krakal ini terletak di desa Ngastiharjo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DIY. Karena jumlah batuan karang di area pantai sangat banyak, sehingga pantai ini disebut dengan, “Kerakal”. Dalam pengertian bahasa Jawa, kata “kerakal” ini bermakna bebatuan kecil yang banyak dan tersebar. Namun, karena penyebutan nama kerakal ini terbilang sulit, sehingga warga sekitar kemudian menyebutnya sebagai Krakal.

Dari sinilah kemudian pantai ini disebut dengan pantai Krakal. Nama krakal sendiri didasari oleh hamparan pasir putih yang luas di sepanjang pantai. Disitulah banyak bebatuan kecil yang ukurannya sebesar telur dan berwarna putih. Sedangkan permukaan bebatuan disini sangat halus. Sehingga, disebut kerakal.

Spot Menarik di Pantai Krakal

Ada banyak spot menarik yang disediakan di pantai Krakal ini dan bisa dinikmati oleh semua orang. Berikut ini adalah beberapa spot menarik yang tersedia di pantai ini, antara lain:

  1. Pasir berwarna putih. Ini adalah spot paling menarik yang bisa ditemukan di pantai Krakal. Dengan pasir yang berwarna putih dan dipadukan dengan ombak airnya yang jernih inilah membuat spot pasir putih ini diminati semua pengunjung. Karena mereka bisa bermain di pasir putih ini.
  2. Biota laut yang indah. Sehingga, Anda bisa menikmati keindahan biota laut sambil bermain-main air. Karena selain memiliki bebatuan karang di area bibir pantai, disini juga ada aneka ikan yang berwarna-warni. Yaitu, ikan kepe-kepe, damselfish, dan beberapa biota laut yang lain yang indah dibalik batu-batu karang.
  3. Tempat makan. Salah satu spot yang paling ramai adalah tempat makannya. Disini tersedia aneka kuliner yang banyak di sepanjang jalan. Sehingga, Anda bisa mencoba berbagai macam seafood yang lezat dan pastinya akan menggugah selera.
  4. Dari sekian banyak spot yang ada, gazebo adalah salah satu spot paling disukai para pengunjung. Karena di tempat inilah para wisatawan bisa bersantai di pantai selepas berenang atau melakukan kegiatan seru di pantai. Sehingga, peran gazebo begitu penting di pantai ini.
  5. Banyak spot menarik untuk dijadikan sebagai background foto. Sehingga, bagi pecinta fotografi, Anda wajib berkunjung ke tempat ini. Karena Anda bisa mendapatkan banyak background indah disana untuk mengabadikan moment terbaik Anda di pantai Krakal.

Kegiatan Menarik di Pantai Krakal

Berikut ini adalah beberapa kegiatan paling menarik yang bisa dilakukan di pantai Krakal, antara lain:

  1. Bermain di pinggir pantai. Anda bisa bermain-main di pinggir pantai selama berlibur disini. Anda juga bisa melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan di pantai ini. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk memakai alas kaki. Karena disini bebatuan kecilnya cukup tajam.
  2. Melihat aktivitas nelayan. Kegiatan yang satu ini memang terlihat sepele, namun ternyata kegiatan ini cukup menarik dilakukan. Sehingga, Anda bisa bersantai sambil melihat kegiatan para nelayan di pantai.
  3. Berenang dan menyelam. Berenang adalah salah satu kegiatan paling menarik ketika berkunjung ke pantai Krakal. Jadi, sambil melihat keindahan biota lautnya, Anda juga bisa berenang di pinggir laut. Sehingga, Anda bisa menghabiskan waktu liburan Anda sambil berolahraga sehat.
  4. Ini adalah kegiatan paling asyik dilakukan untuk Anda yang ingin mencari ketenangan di pantai ini. Dengan memancing disini, Anda bisa menemukan banyak varian ikan laut yang menarik.
  5. Berolahraga selancar. Kegiatan yang satu ini cukup seru sekali. Cocok untuk mereka yang menyukai tantangan. Surfing atau olahraga selancar ini termasuk kegiatan seru. Tapi, Anda harus berhati-hati. Karena pantai disini dipenuhi oleh batu karang yang tajam. Akan lebih baik jika Anda bermain surfing di bulan Maret dan September. Karena ombak disini sangat ganas dan menantang. Sehingga, sering disebut dengan ombak reef break. Jadi, lebih diutamakan untuk peselancar profesional saja yang mencoba bermain selancar disini.
  6. Melihat sunrise dan sunset. Kegiatan yang satu ini bisa memberikan suasana yang romantis untuk Anda. Maka dari itulah, jika Anda berkunjung bersama pasangan, akan lebih baik jika Anda melihat sunrise dan sunset juga. Karena matahari nanti akan muncul tepat di horizon air laut. Sedangkan fenomena sunset bisa Anda lihat langsung dari pulau karang yang ada.
  7. Camping atau berkemah. Kegiatan ini sering dilakukan oleh para wisatawan yang ingin berkemah. Ada beberapa dari mereka yang lebih suka berkemah di tepi pantai, namun ada juga yang berkemah jauh dari pantai.
  8. Mencoba aneka kuliner khas pantai Krakal. Karena disini banyak tersedia warung makanan, sehingga Anda bisa lebih mudah mendapat sajian kuliner seafood yang lezat disini. Tentunya dengan bahan-bahan masakan yang lebih segar daripada membelinya dari pasar.
  9. Berfoto-foto. Berfoto adalah salah satu kegiatan paling digemari semua orang. Apalagi disana banyak tersedia beberapa spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan background terbaik ketika berkunjung ke pantai Krakal ini sambil berfoto ria.
  10. Menginap adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin menikmati sunset dan sunrise tanpa harus berangkat pagi-pagi buta ataupun pulang kemalaman. Apalagi di sekitar pantai banyak tersedia hotel dan pengiapan. Sehingga, Anda bisa menikmati liburan Anda makin berkesan.

Fasilitas Pantai Krakal

Keindahan pantai disini tak lain karena didukung oleh fasilitas pantai yang memadahi. Sehingga, hal ini membuat para pengunjung semakin nyaman berkunjung ke pantai ini. Beberapa fasilitas itu meliputi, warung makan, loket untuk persewaan alat snorkeling, tempat parkir yang luas, toilet, dan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai di pantai Krakal.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan sunset dan sunrise tapi takut pulang kemalaman atau malas berangkat pagi-pagi buta, Anda bisa menginap di penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Sehingga, Anda bisa on the spot ketika momen sunrise dan sunset tiba. Maka dari itulah, bisa dibilang bahwa fasiltas di tempat ini cukup lengkap.

Harga Tiket Masuk

Anda bisa masuk ke pantai Krakal ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, – saja per orang. Harganya masih bersahabat di kantong wisatawan dan backpacker. Sedangkan, bila Anda ingin bermain snorkeling, maka Anda bisa meminjamnya di tempat peminjaman sebesar Rp 50.000, -.


Leave a Reply