Pantai Kukup Itu Tanah Lotnya Gunung Kidul Masa Kini

Pantai Kukup Itu Tanah Lotnya Gunung Kidul Masa Kini

Pantai Kukup merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sangat terkenal di kawasan Gunung Kidul. Selain memiliki view yang indah, ternyata tempat ini juga mempunyai kelebihan tersendiri. Sehingga, hal ini mampu menjadi daya tarik dan magnet tersendiri untuk pantai di Gunung Kidul ini. Jadi, mau tahu seperti apakah keindahannya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Lokasi dan Asal Mula Dipanggil Tanah Lot

Lokasi pantai Kukup ini terletak di desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DIY. Lokasinya masih satu jalan dengan beberapa pantaia yang lain. Seperti pantai Sepanjang, pantai Baron, pantai Sundak, pantai Drini, dll. Pantai Kukup ini sering disebut juga dengan pantai Lot Jogja. Karena memang viewnya terlihat seperti pantai lot yang ada di pulau Dewata.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang telah dihubungkan dengan sebuah jembatan. Hanya saja, disini tidak ada puranya. Tidak sama seperti pantai Lot di pulau Bali yang ada pura-Nya, tepat di atas pulau karang. Di pantai Kukup ini hanya ada gardu pandang yang ukurannya sedang. Disinilah biasanya kerap digunakan untuk tempat peristirahatan para pengunjung yang datang.

Spot Menarik di Pantai Kukup

Pantai ini sangat unik. Karena pemandangannya begitu indah, tidak kalah dari pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Disini memiliki hamparan pantai yang sangat luas. Bahkan, pasir putihnya terlihat membentang dari sebelah timur sampai barat. Semuanya telah dikelilingi bukit-bukit yang ada di sekitarnya. Lebih lengkapnya akan kami sampaikan beberapa spot menarik yang ada di pantai Kukup ini, antara lain:

Terumbu Krang Yang Indah

Di sebelah bibir pantai, ada lantai karang yang menjorok sampai ke sebelah selatan. Ketika air lautnya sedang surut, disinilah merupakan spot menarik untuk melihat keindahan biota laut dan terumbu karang didalamnya. Beberapa biota laut yang bisa dilihat dari spot ni adalah rumput laut, ikan-ikan kecil, dll.

Air Laut Yang Tenang

Selain bisa menyaksikan terumbu karang beserta biota laut yang lainnya, air laut adalah salah satu spot paling menarik ketika berada di pantai Kukup ini. Karena Anda bisa bermain air, sekaligus mandi di pinggir pantai ini. Dengan air laut yang tenang, hal ini membuat Anda bisa bersenang-senang dengan kondisi air yang tenang.

Ada Pulau Karang

Spot yang menarik lainnya di pantai Kukup ini adalah sebuah pulau karang di timur pantai. Berbeda sekali dengan pulau Drini. Karena disini pulau karangnya tidak jauh dari tebing pantai. Disanalah nanti akan ada jembatan yang berguna untuk menghubungkan antara pulau dengan bagian tebingnya. Sehingga, Anda bisa lebih mudah menyebrangnya tanpa harus melewati air laut.

Gardu Pandang

Ini adalah spot terbaik untuk melihat keindahan sunset. Disinilah Anda bisa melihat keindahan pemandangan yang ada di pantai Kukup ini lebih leluasa. Gardu pandang ini akan menjadi spot terbaik untuk melihat sunset karena letaknya berada di sedikit selatan. dengan begitu, ketika matahari mulai tenggelam, maka posisinya tidak akan terhalang oleh bukit yang ada di timur bagian.

Keindahan sunset ini nanti akan dihiasi oleh bukit dan mercusuar yang telah bersembunyi tepat dibalik bukit. Dengan begitu, Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang benar-benar sempurna ketika singgah ke spot yang satu ini.

Kegiatan Menarik di Pantai Kukup

Selain memiliki banyak tempat menarik, di pantai Kukup ini juga memiliki tempat pendukung yang bisa mempermudah Anda untuk melakukan berbagai macam kegiatan menarik lainnya. Berikut ini adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai Kukup, antara lain:

Berjemur

Jika Anda hobby berjemur, maka di tempat inilah spot terbaik untuk Anda melakukan kegiatan berjemur. Di pantai Kukup, Anda bisa mendapatkan terik matahari tropis khas  Yogyakarta. Sehingga, hal ini akan membuat Anda bisa lebih nyaman saat ingin berjemur di tempat ini.

Bahkan, tidak hanya ada terik matahari tropis saja. Ternyata disini juga bisa memberikan Anda sebuah kesegaran tersendiri. Karena ada nuansa sejuk yang dihadirkan di sekitar pulau karang dekat pantai. Anda akan bisa merasakan kesegaran angin yang sepoi-sepoi dari tengah laut dibawa ke dekat pantai. Sehingga, meskipun sedang berjemur, Anda akan tetap merasa nyaman, sejuk, dan segar di pantai.

Melihat Keindahan Biota Laut

Disinilah Anda juga bisa melihat keindahan biota laut didalamnya. Karena di pantai ini ada banyak spesies ikan hias yang unik. Bahkan, terkadang ad ajuga beberapa kepiting yang mondar-mandir untuk mencari makan. Sehingga, pemandangannya terlihat lebih menarik lagi.

Berbelanja Ikan

Bila Anda hobby memasak ikan, maka di pantai Kukup ini Anda bisa berbelanja ikan laut apa saja dari nelayannya langsung untuk dikonsumsi. Bahkan, di tempat ini pula Anda bisa mendapatkan harga ikan yang lebih terjangkau. Sehingga, Anda bisa membeli banyak aneka ikan yang siap dimasak ketika sampai di rumah.

Selfie di Pulau Karang

Jika Anda hobby selfie, maka disinilah tempat terbaik untuk melakukan kegiatan selfie. Untuk bisa mendapatkan spot foto terbaik untuk selfie, sebaiknya datang saja ke pulau  Karang. Dijamin hasil jepretannya tidak akan meragukan lagi.

Melihat Kegiatan Ritual Sedekah Laut

Bila Anda pecinta budaya, maka Anda bisa datang di bulan Suro. Sehingga, Anda bisa melihat kegiatan sedekah laut. Yaitu sebuah ritual yang kerap dilakukan warga sekitar di tempat ini.

Berjalan-Jalan di Tepi Pantai

Jika Anda datang di sore hari ketika air pantainya surut, maka cobalah untuk berjalan-jalan sambil melihat pemandangan tepi pantai. Disinilah Anda bisa bermain pasir putih sambil mengabadikan moment terbaik Anda di sudut pantai sambil berfoto selfie.

Fasilitas

Dilihat dari segi fasilitasnya, pantai Kukup ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk mencari fasilitas umum ketika berkunjung ke pantai ini. Beberapa fasilitas umum yang tersedia di pantai ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Lahan parkir yang luas.
  2. Toilet umum.
  3. Tempat untuk beribadah.
  4. Tempat penginapan. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai Kukup lebih lama lagi. Dengan menginap di tempat penginapan inilah Anda bisa melihat sunset dan sunrise tanpa harus datang di pagi hari dari rumah. Karena Anda bisa melihat langsung tepat dari tempat penginapan yang tersedia.
  5. Warung makan.
  6. Toko penjual souvernir dan segala pernak-perniknya.

Yang pasti, ada banyak fasilitas umum yang tersedia disini. Sehingga, Anda tidak perlu takut lagi untuk mengunjunginya. Karena sudah cukup lengkap.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki area pantai Kukup, maka Anda dikenakan biaya retribusi senilai Rp10.000, -. Itupun sudah termasuk harga tiket masuk ke 8 pantai yang lain yang ada di sekitarnya. Misalnya saja, seperti pantai Drini, pantai Baron, pantai Sepanjang, dll. Sedangkan, untuk biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000, – saja. Dengan menghabiskan uang sebesar Rp 12.000, – saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini sepuasnya.


Leave a Reply