Mengenal Keindahan Pantai Sepanjang

Mengenal Keindahan Pantai Sepanjang

Deretan pantai yang ada di Gunung Kidul selalu mempunyai kisahnya tersendiri. Begitu juga dengan pantai Sepanjang. Meskipun masih baru, ternyata tempat wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat. Baik itu dari warga Jogja ataupun dari luar Yogyakarta. Berkat pesonanya yang luar biasa itulah membuat hati para wisatawan langsung terpikat. Maka dari itulah, jika Anda berencana untuk menjelajahi pantai yang ada di Gunung Kidul, Anda wajib datang ke pantai ini!

Lokasi dan Sejarah

Tertarik untuk berkunjung ke pantai Sepanjang? Datang saja langsung ke desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul. Letak pantai ini dekat dengan pantai Kukup. Jika datang dari pusat kota Yogyakarta, maka jaraknya mencapai 60 km atau tidak lebih dari 2 jam. Berkat kondisi jalannya yang sudah halus dan pintu masuk yang mudah ditemukan, Anda bisa menemukan jalan ini dengan mudah.

Selanjutnya, berdasarkan dari sejarahnya sendiri, sebenarnya nama pantai Sepanjang ini berasal dari garis pantai yang panjang, bahkan melebihi dari pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Jadi, bila pada umumnya beberapa pantai di Gunung Kidul itu tidak mempunyai garis pantai yang panjang, karena ada perbukitan karangnya sebagai pembatas pantai. Ini berbeda sekali dengan pantai Sepanjang ini.

Pantai Sepanjang ini memiliki bukit karang di sebelah timur dan barat pantai, namun garis pantainya terlihat lebih panjang. Sehingga, hal inilah yang membuatnya lebih istimewa. Anda bisa sepuasnya melihat keindahan pantai yang pasirnya putih.

Spot Menarik di Pantai Sepanjang

Berikut ini adalah beberapa spot menarik yang ada di pantai Sepanjang, antara lain:

Situs Bersejarah Banyusepuh

Salah satu spot paling menarik ketika berada di pantai Sepanjang adalah Anda bisa melihat adanya situs Banyusepuh yang letaknya dekat dari pantai. Dulu, situs ini berbentuk mata air dan sering dipakai para wali untuk mencuci dan membasuh senjata pusakanya. Selain itu, mata air ini juga sering digunakan untuk sumber air para warga sekitar, termasuk untuk mandi.

Namun sayangnya, situs ini tidak berfungsi lagi seperti dulu kala. Hal ini dikarenakan mata air disini tidak terawat, sehingga airnya menjadi kotor dan kering. Selain itu, di sekitarnya juga banyak tanaman liar yang tumbuh. Maka dari itulah, jika Anda ingin melihatnya, sebaiknya bertanyalah pada warga sekitar atau petugasnya agar diantar ke situs ini.

Bentuknya Mirip Pantai Kuta Bali

Pantai Sepanjang ini julukannya adalah pantai Kuta Tempo Dulu. Dilihat dari manapun, topografinya terlihat mirip sekali dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Bahkan, kini pantai Sepanjang terlihat lebih modern. Itulah kenapa saat ini pantai Sepanjang disebut dengan versi dulu. Hal ini dikarenakan penampakannya terlihat seperti pantai Kuta yang semakin pesat kemajuannya.

Banyak Penjual Cinderamata dari Kerang

Disinilah Anda juga bisa menemukan spot para penjual cindera mata dari kerang laut. Sehingga, Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh di rumah. Karena disini ada banyak penduduk yang menjual berbagai macam kerajinan dari kerang, seperti barong, kereta kencana, jepitan rambut, dan orang-orangan.

Spot untuk Mencari Kerang

Jika Anda ingin mengoleksi cangkang kerang yang unik, Anda bisa mencarinya langsung di pantai. Kemudian, tinggal proses saja lebih lanjut. Yaitu, dengan merendamnya ke dalam alkohol sebesar 90% yang kemudian dicampur dengan mint atau tembakau. Sesudah direndam selama seharian dan semalaman, gosok saja cangkangnya secara perlahan. Sehingga, lapisan luar dari kapur bisa hilang. Kemudian, tersisa tinggal lapisan tengahnya. Kemudian, gosok lagi sampai membuat kerangnya menjadi berkilau.

Kegiatan Menarik di Pantai Sepanjang

Selain memiliki beberapa spot yang menarik, di pantai Sepanjang inilah Anda bisa melakukan banyak kegiatan menarik lainnya yang sayang dilewatkan. Yaitu:

Berburu Biota Laut

Di pantai inilah Anda bisa berburu biota laut. Dimana biota laut itu sendiri meliputi, bintang laut, ikan hias, kerang-kerangan, dan rumput laut. Anda bisa menemukannya di sela-sela karang disaat air lautnya sedang surut. Biasanya biota laut ini akan terlihat menjelang sore hari. Dari hasil perburuan biota laut inilah Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Berburu Kuliner

Selain berburu biota laut, Anda juga bisa berburu aneka kuliner khas pantai Sepanjang. Yaitu rempeyek seafood. Sehingga, dijamin perut tidak akan pernah merasa lapar ketika berkunjung ke tempat ini. Karena ada banyak aneka makanan yang bisa dicoba di tempat ini.

Bersantai di Pinggir Pantai

Bersantai adalah salah satu kegiatan paling disukai banyak orang yang datang ke pantai. Tak perlu banyak gerak, Anda masih bisa menikmati pesona pantai dengan cara bersantai-santai. Apalagi cuaca di pantai umumnya lebih panas. Sehingga, jika banyak gerak justru akan membuat Anda dehidrasi dan mudah lelah. Maka dari itulah, jika Anda ingin menyegarkan pikiran, Anda bisa mencoba healing di tempat ini. Supaya pikiran lebih fresh dan badan tidak lelah.

Anda bisa bersantai di gubug yang ada di sekitar pantai. Dimana gubug tersebut berasal dari kayu dan beratap jerami. Supaya lebih nikmat, akan lebih baik jika Anda bersantai sambil menyantap cemilan yang Anda bawa dari rumah bersama teman-teman ataupun orang-orang yang Anda sayangi.

Hunting Foto

Karena panoramanya indah dan cocok untuk background foto. Maka belum lengkap rasanya jika Anda belum hunting foto di tempat ini. Jadi, bila Anda tidak ingin ketinggalan untuk membagi moment yang berharga Anda di pantai Sepanjang, Anda harus melakukan hunting foto juga saat berkunjung ke tempat ini.

Dengan background dari kombinasi pasir putih dan lautan, beserta garis pantai yang cukup panjang, hasilnya jepretan Anda akan terlihat lebih instagramable. Namun, akan lebih baik jika Anda mengambil foto disaat air laut sedang pasang. Karena disaat air lautnya surut, semua karang yang dipenuhi oleh rumput laut yang hijau bisa terlihat jelas. Sehingga, hasilnya menjadi kurang fotogenik.

Fasilitas Pantai Sepanjang

Di dalam pantai Sepanjang ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Yaitu, ada beberapa gubug yang memiliki atap dari daun kering. Sehingga, Anda bisa menggunakannya untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, disini juga tersedia rumah makan. Sehingga, bagi pecinta kuliner seafood, bisa lebih termanjakan ketika tiba disini. Selain itu, ada juga tempat untuk penginapan, beserta  toilet, dan lahan parkir yang luas.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk menuju ke pantai Sepanjang ini cukup terjangkau. Lebih menariknya lagi adalah, hanya dengan sekali bayar saja, Anda sudah bisa masuk ke beberapa destinasi wisata pantai yang ada di sekitarnya. Hanya Rp 10.000, – saja per orang, Anda bisa masuk ke pantai ini. Sedangkan untuk biaya parkirnya sebesar Rp 3.000, – hingga Rp 20.000, -. Sementara untuk jam bukanya 24 jam. Sehingga, Anda bisa datang kapan saja, termasuk di malam hari.


Leave a Reply