Puncak Becici Tempat Romantis Terkini untuk Anak Muda

Puncak Becici Tempat Romantis Terkini untuk Anak Muda

Category : Wisata Alam , Wisata Bantul

Puncak Pinus Becici merupakan salah satu destinasi wisata alam hutan pinus yang berada di Bantul. Asal mula puncak becici ini dulunya hanya sebuah hutan lindung saja yang isinya spesies dari pohon pinus. Dimana pohon ini dimanfaatkan pada bagian getahnya. Dulu, Puncak Pinus Becici ini bernama Becici Asri atau disebut juga dengan Hutan Sudimoro I.

Dari tahun 2015 yang lalu, saat hutan ini mulai dipadati pengunjung, namanya berubah menjadi Puncak Pinus Becici. Dari sinilah kemudian kegiatan mengambil getah dari pohon pinus mulai dihentikan. Karena saat itulah tempat ini lebih fokus untuk tempat wisata. Di puncak inilah Anda bisa melihat keindahan alam yang sangat indah dan romantis.

Lokasi

Puncak Pinus Becici ini terletak di dusun Gunung Cilik, lebih tepatnya berada di desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DIY. Lokasinya terletak sejauh 23 km dari pusat kota Jogja. Sehingga, jika ditempuh menggunakan kendaraan, Anda membutuhkan waktu selama 1 jam.  Anda bisa sampai ke puncaknya ini lewat jalan Imogiri Timur lewat Mangunan. Bisa juga lewat jalan Piyungan, setelah itu ke Pathuk dan menuju ke Dlingo.

Spot Menarik di Puncak Becici

Berikut ini adalah beberapa spot menarik yang akan Anda temukan ketika berkunjung ke Puncak Pinus Becici, antara lain:

Gardu Pandang

Ini adalah spot utama yang dijadikan sebagai focal point ketika berkunjung ke Puncak Pinus Becici. Di tempat inilah Anda bisa melihat keindahan hutan yang masih hijau dan alami. Selain itu, disinilah Anda juga bisa keindahan dari deretan gunung dan garis pantai. Tak hanya itu saja, dengan berada di gardu pandang, Anda bisa merasakan hembusan angin yang semilir dari ketinggian. Sehingga, Anda bisa merasa sejuk ketika berada disini.

Namun, bila Anda takut ketinggian, sebaiknya jangan datang sendirian. Bila perlu, ajaklah kekasih Anda. Karena disinilah Anda bisa mendapatkan view yang benar-benar romantis sekaligus melihat bentangan alam yang sangat indah. Yang paling penting adalah, jangan sampai terlena. Karena di gardu pandang ini masih belum ada pengaman khusus, seperti tali dan sit harnest. Sehingga, para pengunjung diharapkan untuk lebih berhati-hati.

Tempat Hammock dan Ayunan

Disini juga terdapat ayunan dan tempat untuk hammock yang bisa digunakan untuk bersantai. Jadi, bila Anda ingin menikmati pemandangannya dengan hammock, silahkan bawa sendiri dari rumah. Karena disini sudah disediakan tempat untuk hammock tepat di bawah pohon pinus yang rindang.

Photo Spot

Jika Anda hobby mengambil gambar, Anda wajib datang ke Puncak Pinus Becici. Karena disini tersedia photo spot yang memiliki pemandangan yang sangat spektakuler. Ada banyak spot menarik yang benar-benar fotogenic untuk dijadikan sebagai background foto Anda.

Deretan Kursi Panjang

Dengan suasananya yang rindang, tentu saja Anda bisa menjadikan deretan kursi panjang ini sebagai spot paling menarik untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Di kursi inilah Anda bisa menikmati kesegaran angin dari hembusan angin yang berasal dari daerah sekitar. Di deretan kursi panjang dari kayu inilah Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk bersantai sambil melihat keindahan alam yang berasal dari hutan pinus ini sepanjang hari.

Kegiatan Menarik di Puncak Becici

Beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Puncak Pinus Becici adalah sebagi berikut ini:

Melihat Sunset dan Sunrise

Kegiatan yang satu ini sering dilakukan oleh para wisatawan yang memang sengaja berburu senja sambil menikmati pergantian hari dari siang ke malam. Di tempat inilah para wisatawan bisa melakukan kegiatan untuk melihat sunset dari ketinggian kota Jogja. Selain melihat sunset, para wisatawan juga bisa melihat sunrise, meskipun tidak seindah ketika melihat senja.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke puncaknya adalah di sore hari. Karena saat sore hari, cahayanya akan teduh. Sehingga, Anda bisa lebih santai dalam menikmati keindahan matahari yang sedang terbenam. Dengan begitu, Anda bisa merasakan nuansa magical yang benar-benar exotic saat ada cahaya senja yang masuk ke bagian celah pohon pinus.

Berkemah

Kegiatan yang satu ini bisa dilakukan di area camping ground. Anda bisa melakukan kegiatan berkemah hanya dengan Rp 5.000, – saja. Sehingga, ini merupakan kegiatan yang sangat hemat sekali. Sekaligus dapat memberikan pengalaman tersendiri.

Melihat Keindahan Gunung Merapi

Di Puncak Pinus Becici inilah para pengunjung dapat melihat secara langsung keindahan dari gunung Merpapi dan juga Merbabu. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati suasana kota dari ketinggian yang cukup indah. Karena disini juga ada gardu pandang yang bisa memudahkan Anda dalam melihat keindahan alam sekitar Puncak Pinus Becici ini.

Melakukan Photo Hunting

Kegiatan photo hunting ini merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Karena disini memiliki pemandangan alam yang masih asri. Sehingga, tak heran bila banyak orang mengabadikan moment terbaiknya dengan cara hunting foto.

Fasilitas

Sebenarnya kawasan Puncak Pinus Becici ini masuk ke dalam Blok Mangunan. Sehingga, proses pengelolaannya dilakukan warga sekitar. Untuk luasnya sendiri adalah 4.4 ha. Yang lebih menariknya lagi adalah, ternyata meskipun namanya hutan, namun fasilitasnya sangat lengkap. Bahkan, fasilitasnya dilengkapiuntuk mendukung kenyamanan pengunjung yang datang.

Dari pintu masuk sudah ada gapura selamat datang yang berasal dari kayu. Disinilah para pengunjung dapat menyusuri jalanan yang ada menuju puncak tanpa kelelahan lagi. Karena disini tersedia suasana hutan yang sejuk dan rindang. Kesejukannya tersebut karena di sekitarnya terdapat barisan pohon pinus yang rapat dan menjulang tinggi.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Puncak Pinus Becici adalah halaman parkir yang luas, gardu pandang, toilet, camping ground, dll. Tidak hanya itu saja, disinilah nantinya para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan pre-wedding. Karena disini juga menyediakan fasilitas untuk pre-wedding dengan biaya sebesar Rp 30.000, – saja.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata Puncak Pinus Becici, maka Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Hanya saja, Anda masih harus mempersiapkan biaya untuk parkir kendaraan. Dimana jika Anda membawa sepeda motor, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000, – per motor. Sedangkan bila Anda membawa mobil, maka biaya parkirnya sebesar Rp 10.000, -. Setelah itu, bila Anda membawa rombongan bus, maka biaya parkirnya sebesar Rp 20.000,-.

Tidak hanya biaya parkir saja yang harus disiapkan. Namun, Anda juga harus mempersiapkan uang lebih bila ingin menggunakan fasilitasyang ada. Dimana bila Anda ingin camping, maka biayanya sebesar Rp 5.000, – per orang. Sementara bila ingin naik ke gardu pandang, biayanya adalah sebesar Rp 2.000, – per orang. Sementara itu, untuk jam buka lokasi ini adalah jam 5 pagi hingga jam 7 malam.


Leave a Reply