Merasakan Uniknya Rumah Hobit Songgo Langit di Negeri Dongeng

Merasakan Uniknya Rumah Hobit Songgo Langit di Negeri Dongeng

Category : Wisata Alam , Wisata Bantul

Tempat wisata Rumah Hobit Songgo Langit ini merupakan salah satu tempat yang paling disukai banyak wisatawan. Bahkan, meskipun masih baru saja dibuka di tahun 2017, namun ternyata tempat ini langsung ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Destinasi wisata yang terletak di area Bantul ini cukup menarik. Karena memiliki banyak banyak spot yang unik.

Lokasi

Bermula dari unggahan foto dari para pengunjung yang hasilnya unik, hal ini membuat tempat ini langsung ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan, Puncak Songgo Langit ini ternyata juga dikenal dengan sebutan sebagai seribu batu songgo langit yang telah dibangun dengan konsep berbentuk tematik. Untuk lebih lengkapnya, silahkan datang saja ke lokasinya secara langsung. Yaitu, di Jalan Hutan Pinus Nganjir, desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY.

Asal Mula Rumah Hobit

Lokasinya sendiri sebenarnya cukup unik. Karena letaknya ada di tengah-tengah hutan pinus dan punya ribuan batu yang berukuran besar. Sehingga, karena bebatuan inilah Anda bisa melihatnya seperti menjadi sebuah tiang penyangga langit. Tak heran bila kemudian destinasi wisata ini disebut dengan Puncak Songgo Langit.

Sementara itu, untuk destinasi wisata Rumah Hobit Songgo Langit itu sendiri sebenarnya merupakan salah satu spot dari objek wisata yang dimiliki oleh Seribu Batu Songgo Langit. Destinasi wisata ini sebenarnya dulunya terinspirasi oleh film berseri yang cukup legendaris. Yaitu, the Lord of the Ring.

Hobbit adalah salah satu makhluk berwujud manusia, namun ukurannya sangat kecil tidak seperti ukuran tubuh manusia. Hobbit biasanya tinggal di tempat yang unik. Sementara itu, di tempat ini sendiri dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, dan ada taman-taman, beserta perbukitannya. Sehingga, dari sinilah kemudian tempat ini dianggap sangat cocok sekali untuk dibangun rumah yang bentuknya unik.

Salah satu bentuk rumah yang unik adalah rumah hobbit, seperti yang ada dalam film the Lord of the Ring. Meskipun Rumah Hobit Songgo Langit disini hanya ada satu, namun ternyata tempat ini sangat cocok sekali dijadiakn sebagai spot terbaik untuk berfoto ataupun mengambil gambar.

Spot Menarik di Rumah Hobit Songgo Langit

Jika sebelumnya Anda mungkin hanya berpikir bahwa negeri dongeng itu hanya ada di mimpi saja. Namun, ternyata apa yang Anda pikir adalah mimpi bisa menjadi kenyataan jika Anda berkunjung ke Rumah Hobit Songgo Langit ini. Berikut ini adalah beberapa spot yang menarik yang akan Anda temukan di Rumah Hobbit, antara lain:

Rumah Seribu Kayu

Salah satu spot paling menarik ketika berkunjung ke Rumah Hobit Songgo Langit adalah rumah seribu kayu. Ini adalah spot paling sering dikunjungi oleh beberapa orang. Dimana disinilah terdapat rumah kayu yang berjajar. Panorama disini benar-benar indah, khas seperti Indonesia di bagian timur. Suhu udaranya sangat sejuk dan latarnya sangat artistik. Sehingga, hal ini membuat siapapun yang berkunjung pasti betah berlama-lama di tempat ini.

Rumah Hobbit

Ini adalah spot yang paling ditunggu-tunggu ketika berada di Rumah Hobit Songgo Langit. Karena disinilah selain ada rumah hobbit namun ternyata juga ada rumah kayu didalamnya yang telrihat sangat unik. Bahkan, Anda bisa melihat spotini yang terlihat sama seperti yang ada di New Zealand. Sehingga, hal ini membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama di tempat ini.

Panggung Alam

Spot yang satu ini merupakan sebuah panggung alam terbuka.  Disinilah Anda bisa melihat sebuah panggung, lengkap dengan kursi yang sederhana dan berasal dari batang pohon. Sehingga, hal ini membuat kesan yang dihasilkannya menjadi terlihat lebih alami. Biasanya spot ini kerap dijadikan sebagai panggung atraksi seni, dll.

Taman Bunga Tumpah

Selain memiliki hutan pinus yang asri, ternyata di Rumah Hobit Songgo Langit juga ada spot menarik yang lain, berupa taman bunga. Disinilah terdapat taman bunga yang benar-benar indah dan menarik. Karena bunga-bunga yang ada disini terlihat seperti sedang tumpah dari potnya. Karena itulah tempat ini disebut dengan taman tumpah. Disini terdapat berbagai macam ornamen rumah mini yang berasal dari kayu. Sehingga, hal ini membuatnya terlihat sangat instagramable.

Jembatan Jomblo

Tidak jauh dari kawasan Rumah Seribu Kayu, ada jembatan panjang bertuliskan, “jembatan jomblo” dibagian papan penunjuknya.  Disinilah sering dijadiakn sebagai spot paling menarik untuk berfoto oleh para pengunjung.  Karena jika dilihat secara sepintas, tempat ini seperti sebuah jembatan kayu biasa saja. Namun ternyata jembatan ini memiliki sejarah yang unik untuk memberikan semangat kepada pemuda desa yang baru saja berpisah dengan kekasihnya.

Kegiatan Menarik di Rumah Hobit Songgo Langit

Mengingat tempat ini memiliki beberapa spot yang menarik, sehingga hal ini membuatnya bisa digunakan untuk melakukan beberapa kegiatan menarik seperti dibawah ini:

Berkemah

Untuk Anda yang ingin menikmati kawasan ini selama seharian penuh, maka Anda bisa mencoba berkemah di tempat ini. Karena dengan bermalam di tempat ini, Anda bisa melihat sunrise di pagi hari sambil merasakan sensaasi bermalam di tempat ini. Karena disinilah Anda nanti bisa merasa seperti berada di atas negeri awan. Bahkan, dari gardu pandang inilah Anda nanti bisa melihat hamparan awan dan paoramanya dengan indah.

Melepas Dahaga

Setelah lelah mengelilingi tempat ini selama seharian penuh, Anda bisa melepas dahaga dengan cara berkunjung ke warung setempat. Disitulah nantinya Anda bisa melepas dahaga di warung dan juga menikmati makanan yang ada disini. Sehingga, Anda bisa beristirahat sambil menyantap aneka hidangan yang ada di warung ini.

Berfoto Ria

Selain menyantap aneka hidangan yang ada, Anda juga bisa melakukan kegiatan menarik yang lainnya. Yaitu, dengan cara berfoto ria.  Karena tidak hanya memiliki destinasi wisata yang ekstrim saja, dan menantang. Ternyata disini juga terdapat beberapa spot menarik yang memang dirancang secara khusus untuk membuat para pengunjung merasa nyaman.

Fasilitas

Destinasi wisata Puncak Songgo Langit ini sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini adalah gazebo, lahan parkir yang luas, mushola, warung, toilet, dan juga papan informasi. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi jika berkunjung ke tempat ini. Karena dijamin Anda tidak akan sampai kelaparan ataupun tersesat. Hal ini dikarenakan di tempat ini sudah disediakan fasilitas utama yang cukup lengkap dari pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Puncak Songgo Langit ini cukup terjangkau. Bahkan, dengan tiket masuk wisata sebesar Rp 2.500, – saja, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang mewah dan unik. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda juga akan dikenakan biaya parkir tambahan. Untuk tiket masuk ke setiap wahananya dikenakan biaya sebesar Rp 2.000, – hingga Rp 5.000, -. Sedangkan untuk jam bukanya adalah dijam 6 pagi sampai dengan jam 5 sore.


Leave a Reply