Seperti Inilah Serunya jika Berkunjung ke Pantai Parangtritis

Seperti Inilah Serunya jika Berkunjung ke Pantai Parangtritis

Category : Wisata Alam

 Siapa sih yang tak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini dikenal dengan legendanya, yaitu Nyi Roro Kidul dan beberapa cerita kuno dari masyarakat Jawa. Bisa dibilang pantai ini adalah icon pantai yang ada di kota Yogyakarta. Tak hanya itu saja, ternyata pantai ini juga merupakan bagian dari Keraton Jogja dan menjadi garis imajiner yang berkaitan dengan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, sampai dengan Pantai Parangtritis itu sendiri.

Lokasi dan Sejarang Pantai Parangtritis

Letak Pantai Parangtritis ini ada di 25 km selatan kota Jogja. Atau lebih tepatnya berada di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, DIY. Jadi, letaknya sendiri tidak jauh dari pusat kota. Sedangkan dilihat dari sejarahnya, sebenarnya kata Parangtritis ini diambil dari bahasa Jawa. Artinya adalah batu karang ( Parang) dan air tetesan (Tritis/ Tumaritis).

Jika diambil kesimpulan, kata Pantai Parangtritis ini berarti pantai yang berasal dari tetesan air batu karang. Berdasarkan legenda terdahulu, pantai ini dipakai untuk pelarian Dipokusumo. Selanjutnya, pantai ini dimanfaatkan untuk bersemedi olehnya. Saat itulah, Dipokusumo  kemudian melihat tetesan air dari celah batu karang. Sehingga, beliau menyebut nama tempat ini menjadi Parangtritis.

Spot Menarik di Pantai Parangtritis

Selain memiliki cerita sejarah didalamnya, ternyata pantai ini juga memiliki beberapa spot yang menarik untuk dikupas. Beberapa spot menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di pantai ini adalah sebagai berikut ini:

  • Bukit Indah
    Disinilah Anda bisa melihat keindahan pantai ini dengan jelas saat beranjak ke arah bukit parangtritis. Bukit ini sering dijadikan sebagai landasan untuk olahraga paralayang. Meskipun terlihat menarik, namun ternyata tidak semua orang tahu spot ini. Hanya pecinta adventure saja yang tahu keberadaan dari bukit ini. Khususnya untuk pecinta paralayang dan terjun payung.
  • Pasir yang Luas

Selain memiliki bukit yang indah, pantai ini juga memiliki spot menarik lainnya berupa pasir yang luas. Meskipun keindahan pasirnya tidak sama seperti pantai Gunung Kidul lainnya yang berwarna putih. Namun, Parangtritis punya bibir pantai yang begitu luas. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk bergerak lebih leluasa lagi sambil bermain pasir pantai yang warnanya hitam, dan halus.

gumuk pasir parangtritis

  • Air Laut yang Indah
    Tidak hanya pantainya saja yang indah, air lautnya juga indah. Meskipun disini masih dilarang keras untuk berenang. Karena ombaknya cukup ganas. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk bersantai-santai sambil melihat ombak dan merasakan deburan pantai yang nyaman. Sehingga, Anda bisa benar-benar memanfaatkan tempat ini dengan baik.
  • Warung Makan Enak
    Dibagian kulinernya pun juga tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak jajanan kuliner yang tersedia disini. Sehingga, bagi pecinta sea food, rasanya kurang mantap jika Anda belum mencoba aneka kuliner yang disediakan di pantai ini. Dijamin lidah Anda akan semakin bergoyang saat mencoba cita rasa dari warung makan yang tersedia di pantai ini.
  • Tempat Bermain Outbound
    Hanya di pantai inilah Anda bisa menikmati aneka kegiatan yang menarik. Karena di pantai ini juga sudah disediakan spot pendukung untuk memaksimalkan kegiatan Anda di pantai. Misalnya saja, bermain voli pantai, bermain motor cross, bermain atv, bermain pasir. Semua tempatnya sudah disediakan disini. Sehingga Anda bisa menjadikan spot ini untuk bersenang-senang.

Kegiatan Menarik di Pantai Parangtritis

Dengan aneka spot yang lengkap dan menarik, sehingga hal ini membuat kegiatan yang bisa dilakukan semakin banyak. Jadi, bila mulanya Anda mungkin hanya terbiasa Cuma duduk-duduk santai atau tidur santai di pantai saja. Kini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di Pantai Parangtritis ini, yaitu:

  1. Bermain Pasir – Ini adalah salah satu kegiatan paling asyik dilakukan di Pantai Parangtritis. Anda bisa membuat benteng pasir, candi, dll dari pasir disini.
  2. Menunggang kuda – naik delman di sepanjang pantai. Kegiatan ini bisa dilakukan disini hanya dengan Rp 20.000, – saja untuk bolak-balik di sepanjang pantai.
  3. Anda bisa bermain dalam kolam air hangat. Karena saat ini disini juga tersedia pemandian khusus dari air hangat untuk membuat pengunjung lebih betah di pantai.
  4. Bermain paralayang. Kegiatan ini cocok dilakukan di parangtritis untuk mereka yang punya jiwa petualang dengan biaya Rp 200.000, – hingga Rp 300.000, – dalam sekali terbang.
  5. Mengambil gambar adalah kegiatan paling oke di Pantai Parangtritis. Karena disini menyediakan aneka view yang fantastis, dll.
  6. Bermain ATV dan motor cross. Ini juga merupakan salah satu kegiatan yang patut dicoba saat berkunjung ke Pantai Parangtritis. Karena disinilah Anda bisa lebih bebas bermain ATV yang disewakan untuk mengelilingi pantai dengan mudah.
  7. Berjalan-jalan. Ini adalah salah satu kegiatan paling hemat dan bikin sehat. Kaena disinilah Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati keindahan pantai yang menakjubkan. Tentunya kegiatan ini cocok untuk Anda yang gemar berjalan-jalan.

Fasilitas

Berkat pemerintahan kota Bantul, akhirnya Pantai Parangtritis ini dapat dikelola dengan baik. Sehingga, hal ini berdampak pada fasilitas yang disajikan. Karena disinilah Anda bisa menikmati semua fasilitas yang lengkap dengan mudah. Beberapa fasilitas itu meliputi:

  1. Penginapan – Untuk Anda yang ingin lebih lama-lama bersantai di pantai, Anda bisa mencari penginapan terdekat di pantai ini dengan harga yang relatif terjangkau. Ada yang bisa disewa dari Rp 70.000, – hingga Rp 500.000, – per kamar. Ini bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Tentu saja, penginapannya lengkap dengan view pantai yang menakjubkan.
  2. Restoran dan Warung Makan – Khusus untuk yang sering lapar, Anda juga tidak perlu khawatir. Karena pantai ini juga menyediakan tempat makan dengan harga yang terjangkau untuk wisatawan.
  3. Souvenir – Disinilah tersedia pula tempat penjualan souvernir yang bermacam-macam khas Yogyakarta dan Bantul. Sehingga, Anda bisa membeli oleh-oleh untuk orang di rumah.
  4. Lahan Parkir Luas – Tak perlu diragukan lagi untuk lahan parkirnya memang benar-benar luas. Sehingga, pantai ini bisa menampung banyak kendaraan dalam sekaligus.
  5. Wahana – Ada banyak wahana yang disediakan disini. Baik dari yang ekstrem sampai yang biasa saja. Anda bisa memanfaatkan fasilitas persewaan ATV, paralayang, menunggang kuda, dokar, dll.
  6. Sewa Payung – Untuk yang tidak ingin kepanasan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas persewaan payung disini sambil melihat ombak di pinggir pantai. Biaya sewanya cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000, – sekali pakai untuk 5 orang.
Harga Tiket Masuk Parangtritis

Biaya tiket masuk di Pantai Parangtritis ini masih cukup terjangkau. Karena hanya 10 ribu rupiah untuk orang dewasa. Sedangkan biaya untuk parkir kendaraan roda dua dan roda 4 hanya sekitar Rp 2.000, – hingga Rp 10.000, – saja. Tentu saja harganya ini masih cukup sebanding dengan semua fasilitas dan wahana yang disuguhkan di tempat ini.


Leave a Reply